BUNDA NARAFID

13 Agu 2019

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Judul : The Magic Library
Penulis: Jostein Gaarder & Klaus Hagerup
Pengalih Bahasa : Ridwana Saleh
Tahun Terbit: Juni 2016
Penerbit: Mizan Pustaka
Jumlah halaman: 284 halaman
ISBN: 978-979-433-924-4

Pembaca yang baik,
Buku di tangan Anda ini benar-benar unik, susah menggambarkan isinya. Tapi, kira-kira seperti ini:
Dua saudara sepupu, Berit dan Nils, tinggal di kota yang berbeda. Untuk berhubungan, kedua remaja ini membuat sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Anehnya, ada seorang wanita misterius, Bibbi Bokken, yang mengincar buku-surat itu. Bersama komplotannya, tampaknya Bibbi menjalankan sebuah rencana rahasia atas diri Berit dan Nils. Rencana itu berhubungan dengan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dunia perbukuan. Berit dan Nils tidak gentar, bahkan bertekad mengungkapkan misteri ini dan menemukan Perpustakaan Ajaib.
Buku ini juga berisi cerita detektif, cerita misteri, perburuan harta karun, petualangan ala Lima Sekawan, Astrid Lindgren, Ibsen, Klasifikasi Desimal Dewey, Winnie the Pooh, Anne Frank, kisah cinta, korespodensi, teori sastra, teori fiksi, teori menulis puisi, sejarah buku, drama, film perpustakaan, penerbitan, humor, konspirasi…


Buku karya Jostein Gaarder yang kubaca setelah The Puppeters dan ternyata sangat ringan jika dibandingkan. Setelah dibaca dari awal ternyata memang buku karya kolaborasi Jostein Gaarder dengan Klaus Hagerup yang merupakan seorang penulis Norwegia dan karyanya kebanyakan berjenis bacaan anak dan remaja.
Setelah lihat para penulisnya jadi paham kenapa novel ini bercerita tentang petualangan dua anak yang menginjak remaja menemukan sebuah perpustakaan. Terus terang diawal baca buku ini aku membayangkan cerita Lima Sekawan, cerita tentang deteftif remaja. Bahasa dan cerita yang dipakai cukup ringan dan khas cerita anak yang menginjak remaja, tapi tidak mengurangi ketertarikan baca secara keseluruhan.

Cerita dalam buku ini diawali dengan dua sepupu yang ingin selalu terhubung meskipun mereka tinggal di dua tempat yang berbeda. Karena kesukaan mereka terhadap buku dan menulis tercetusnya untuk membuat buku-surat. Ya sebuah buku yang isinya adalah surat menyurat mereka berdua. Awalnya mereka hanya ingin mengisi dengan cerita kesehariannya kepada sepupunya. Tapi, ternyata akhirnya mereka malah tertarik dengan seorang wanita misterius yang mereka temui.
Mereka merasa wanita misterius ini yang ternyata bernama Bibbi Bokken, mempunyai sebuah perpustakaan yang Ajaib. Mereka berdua akhirnya memutuskan untuk menyelidiki perpustakaan milik Bibbi Bokken. Dalam pencarian Perpustakaan Ajaib ini mereka ternyata juga menghadapi orang-orang yang tertarik dengan buku-surat mereka berdua. Sambil menyelidiki keberadaan Perpustakaan Ajaib mereka berdua juga berjuang untuk melindungi buku-surat agar tidak sampai terlepas ketangan orang lain.

Cerita tentang dunia perbukuan, perpustakaan bahkan disatukan dengan dunia detektif oh ya juga ada cerita bagaimana proses sebuah tulisan menjadi sebuah buku. Bagiku novel ini cocok untuk semua umur meskipun tokohnya adalah para remaja awal. Isi dalam novel ini menceritakan bagaimana seseorang sangat menyukai dunia buku dengan berbagai genre dari dongeng sampai puisi. Dari seseorang pembaca buku menjadi seorang penulis buku cerita yang sangat menarik. Banyak istilah yang berkaitan dengan dunia pembaca buku dan kepenulisan di berikan.

Mau tau bagaimana perasaanku saat membaca buku ini? Awalnya sih berpikiran kok karangan Jostein Gaarder bercerita tentang anak-anak? Ternyata salah walaupun tokoh utama adalah anak-anak yang menginjak remaja, tapi isi ceritanya banyak banget yang perlu kuketahui. Banyak hal yang ternyata belum aku ketahui tentang dunia membaca buku, menulis sebuah buku dan juga buku-buku yang menurutku remeh ternyata ceritanya mengandung banyak makna. Aku cukup rekomendasikan buat yang suka buku karena sarat akan cerita tentang budaya membaca dan cerita banyak buku.

" Jika aku membaca sebuah buku yang kusukai, rasanya apa yang kubaca membawa pikiranku melayang keluar buku itu. Buku kan bukan hanya terdiri dari kata-kata atau gambar di atas kertas belaka, melainkan juga semua yang aku bayangkan saat membacanya."
“Seseorang pernah berkata: ‘Buku adalah teman terbaik.’Orang lain pernah mengucapkan kalimat yang mirip dengan itu: ‘Siapa yang bisa menemukan buku yang tepat, akan berada di tengah-tengah teman terbaik. Di sana kita akan berbaur dengan karakter yang paling pintar, paling intelek, dan paling luhur; di sana kebanggaan serta keluhuran manusia bersemayam.’”(hal 226)
“Sebuah buku adalah dunia ajaib penuh symbol yang menghidupkan kembali si mati dan memberikan hadiah kehidupan yang kekal kepada yang masih hidup.”(hal 228).



6 Agu 2019

Menguak Misteri Masa Lalu

Judul : Dark Memory
Penulis: Jack Lance
Pengalih Bahasa : Tika Sofyan
Tahun Terbit: Maret 2016
Penerbit: Bhuana Sastra
Jumlah halaman: 338 halaman
ISBN: 978-602-394-368-5

Monster itu merentangkan sayapnya. Mengangkat tubuhnya dan terbang. Ia menjadi mangsa makhluk itu; ia diambil oleh kekuatan gelap. Semakin tinggi, semakin tinggi lagi ia berada di langit gelap. Ia mengira monster itu akan membawanya keluar dunia dan masuk ke dalam tempat persembunyiannya, ke dalam sarangnya, di mana tulang-tulangnya akan membusuk di antara sisa-sisa mangsa lainnya.
Rachel Saunders menghadiri pemakaman Jenny Dougal, sahabat baiknya yang meninggal karena kecelakaan tragis. Namun tak lama setelah pemakaman, ia sendiri menghilang secara misterius. Karena khawatir, Jonathan Lauder, kekasih Rachel terbang ke Scotlandia untuk mencarinya.
Tiga hari kemudian, Rachel muncul kembali. Tetapi ia mengalami amnesia jangka pendek dan tak bisa mengingat apa pun selama tiga hari sebelumnya, hingga minggu-minggu terakhir sebelum dirinya menghilang. Namun satu hal yag ia yakini, Jenny belum meninggal. Sahabatnya itu masih hidup. Ia ada di suatu tempat, dan Rachel merasa harus segera menemukan dan menolongnya, sebelum terlambat!
Jonathan dan Rachel berusaha mencari tahu dan merekontruksi hari-hari saat Rachel menghilang, demi mencari kebenaran mengenai Jenny, dan mencari penyebab Rachel kehilangan ingatannya.
Namun, apa yang Rachel temukan adalah teror yang sungguh menakutkan. Mimpi-mimpi buruk tentang monster berwajah serigala mengerikan menghantui malam-malamnya.
Satu-satunya jalan bagi Rachel untuk bertahan hidup, dan mungkin untuk menyelamatkan Jenny adalah dengan menyingkap tabir gelap masa lalunya....

Novel thriller pertama yang kubaca setelah sekian lama tidak menyentuh genre ini. Karya Jack lance pertama yang kubaca dan ternyata semua isi ceritanya tidak terduga sama sekali.
Terus terang aku memilih novel ini dari banyaknya tumpukan buku di even bazar karena melihat covernya hitam dengan sepasang mata monster dan bayangan putih wanita sedang berjalan dan sedikit kangen dengan novel genre ini. Dari cover bisa dibayangin ini petualangan seorang wanita mencari sisi masa lalunya yang kelam dan berhubungan dengan sesosok monster. Awalnya aku mengira novel ini ceritanya akan berhubungan dengan dunia supranatural, ternyata jauh banget lebih ke psikologis dan investigasi jurnalistik.

Sesuai dengan covernya novel ini memang bercerita tentang perjuangan seorang wanita, Rachel Saunders yang kehilangan ingatan masa lalu yang kelam yang berhubungan dengan monster berkepala serigala, dan berusaha untuk mengingat kembali.

Sahabat yang meninggal saat menjalani hobinya yang sudah dikerjakan bertahun-tahun dan termasuk ahlinya itu rasanya mustahil dan membuat Rachel bertanya-tanya dalam ketidak percayaan. 
Karena rasa penasaran yang dalam atas kematian sahabatnya Jenny Dougal membuat Rachel harus mengalami kejadian yang menakutkan dan membuatnya kehilangan ingatan jangka pendeknya. Tapi dia memiliki seorang kekasih yang selalu mendukungnya untuk menggali ingatan yang terlupakan selama dia menghilang 3 hari setelah pemakaman sahabatnya. Sang kekasih Jonathan Lauder selalu mendampingi setiap langkah yang diambil Rachel, walaupun dia juga punya keyakinan sendiri bahwa beberapa pemikiran Rachel tidak masuk diakal tapi tetap mendampingi dan memberikan masukan untuk langkah yang diambil kekasihnya. 
Langkah Jonathan yang bikin aku salut ya ini selalu mendukung setiap langkah sang kekasih meskipun dia juga meragukan keyakinan Rachel bahwa sahabatnya masih hidup. Dia berusaha tetap berpikiran secara logis dan mengambil langkah untuk selalu menjaga Rachel dari segala kemungkinan terburuk.

Latar belakang pekerjaan mereka berdua sebagai seorang jurnalistik membawa ke beberapa kejadian masa lalu dan menemui banyak orang sebagai nara sumbernya. 
Mereka berdua yang awalnya hanya ingin mengetahui apa yang terjadi selama Rachel menghilang dan menguak tentang keyakinan bahwa sang sahabat masih hidup, akhirnya menguak tabir yang terpendam selama hampir belasan tahun. Termasuk kejadian di masa lalu Rachel yang berusaha dia lupakan dan hindari, kejadian yang membuat dia selalu mengalami mimpi buruk. Dengan terkuaknya semua masa lalu Rachel membuat dia bisa menghadapi semua traumanya.

Terus terang cerita tentang Rachel dan masa lalunya ini di luar dugaanku semua, dan membuatku bilang ehhh kok jadi gini ceritanya. Aku suka latar tempatnya di Skotlandia yang terkesan gelap, misterius jadi bisa merasakan jalan-jalan di kota-kota kecilnya, di hutan dan gunungnya (dari dulu suka sih setting di Scotlandia yang terkesan misterius).

Kadang kita nggak menyadari perbedaan antara kenyataan dan bayangan. Kejadian masa lalu yang menakutkan kebanyakan kita akan berusaha untuk melupakan dan emngubur dalam-dalam. Tanpa kita sadari justru kejadian itu akan terus menghantui setiap langkah dalam kehidupan, mungkin jalan terbaik adalah berusaha berdamai dengan kejadian itu. Berat memang tapi itu akan lebih meringankan perjalanan hidup kita berikutnya.

Sedikit pembelajaran yang dapat kupetik dari novel ini kita harus menerima seberapa buruk kejadian yang kita alami.




27 Jul 2019

Insto Dry Eyes Membuat Mood Baca Kembali Lagi


Aku adalah seorang emak-emak yang maniak baca buku alias kutu buku kalau bapakku bilang aku tuh rayapnya buku.
Aku tuh punya kebiasaan jelek baca buku dengan tiduran sebelum benar-benar tertidur. Kadang aku tuh rela begadang hanya untuk menyelesaikan sebuah buku, karena saking menariknya sebuah cerita. Karena kebiasaan baca buku dengan tiduran dan kadang di tempat yang penerangannya tidak terlalu terang membuat aku harus berkacamata.

Dengan berkacamata dan membaca buku di waktu yang lama membuat mata pegel dan sepet. Mata sepet bikin kegiatan bacaku jadi nggak nyaman dan akhirnya harus mengakhiri kegiatan bacaku padahal ceritanya lagi seru-serunya, jengkel pastinya. Karena bikin jengkel harus segera cari solusi yang tepat dong biar nggak bikin mood baca turun.

Ternyata mata yang sudah terasa sepet, pegel dan perih itu adalah gejala mata kering. Mata seperti berpasir, gatal atau merasa seperti terbakar; perasaan ada sesuatu di mata, dan penglihatan sedikit kabur itu juga. Itu beberapa gelaja mata kering yang terjadi saat mata tidak menghasilkan cukup air mata.

Apa yang menyebabkan mata kita kering?
Berdasarkan situs Alodokter ada beberapa penyebab mata kering :
1.   Produksi air mata berkurang. Kondisi ini timbul karena faktor usia, penyakit tertentu seperti : rheumatoid arthritis, diabetes dan masalah tiroid, mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti : antihistamin, dekongestan, obat tekanan darah dan anti depresan, kerusakan kelenjar air mata karena radiasi atau akibat operasi laser mata.
2.   Air mata lebih cepat menguap. Kondisi ini disebabkan karena cuaca (angin, asap, atau udara kering), kondisi yang membuat jarang berkedip (saat membaca atau terlalu lama di depan layar computer), kelopak mata yang berbalik keluar atau yang berbalik ke dalam.
3.   Komposisi air mata tidak seimbang. Air mata terdiri dari 3 komposisi, yaitu minyak, air, dan lender, dengan komposisi tertentu. Ketika komposisi ini berubah, misalnya karena sumbatan kelenjar minyak dapat mengakibatkan mata kering.
4.   Mengalami perubahan hormone. Kondisi ini sering terjadi pada wanita yang mengalami perubahan hormon karena kehamilan, konsumsi pil KB, serta menopause.
5.   Pola makan yang kurang kandungan vitamin A
6.   Memakai lensa kontak.

Wah ternyata memang mataku kering dan salah satu penyebabnya karena membaca terlalu lama dengan pencahayaan yang kurang. Terus gimana nih solusinya?

buku, kacamata dan insto

Aku butuh sesuatu yang bisa membasahi mataku kembali biar tidak kering, aku pilih produk Insto Dry Eyes.
Kenapa aku pilih produk ini?
Insto Dry Eyes ini mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas pada mata, selain itu produk ini juga memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri.

Sudah ketemu penyebab dan solusinya buat mata keringku nah supaya nggak terulang lagi ada beberapa tips nih buat mengurangi kalian juga perlu nih

1.   Jangan lupa berkedip secara teratur, terutama saat membaca buku atau menatap layer computer atau gadget dalam waktu lama.
2.   Tingkatkan kelembaban udara di rumah atau tempat kerja.
3.   Kenakan kacamata hitam saat di luat ruangan, terutama yang memiliki bingkai sampul untuk mengurangi paparan angin dan matahari.
4.   Menghindari dehidrasi dengan minum banyak air (8-10 gelas setiap hari.


Jadi aku sekarang bisa bilang :
Bye bye mata kering…
Bye bye mata sepet dan mata lelah…
And say thank you buat Insto Dry Eyes bikin nyaman mantengin buku-buku kesayanganku lagi.




21 Jul 2019

Perjalanan Menemukan Arti Hidup


Judul : Rasa
Penulis: Nuril Basri
Tahun Terbit:  2019
Penerbit: Gagas Media
Jumlah halaman: 366 halaman
ISBN: 978-979-780-942-3

Seberapa sering kita mempertanyakan arti hidup?
Meragukan diri sendiri, lalu menyerah pada keadaan?
Kamu tidak sendiri, Maya pun begitu.

Ditengah riuhnya masalah yang datang dan pergi, ia merasa hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Namun, disisi lain, dia belum benar-benar menemukan makna dari setiap masalah yang menderanya. Ia hanya percaya, bahwa hidup terus berjalan.

Beratus-ratus kilo meter dari rumah, Maya menemukan banyak kejutan di kapal pesiar tempat ia bekerja. Tentang persahabatan yang ia kira berlangsung selamanya, tentang cinta yang ia impikan akan selalu baik-baik saja. Ia melalui suka duka di berbagai kota dunia, di St. Petersburg, Copenhagen, juga London.


Ya, meski dengan hati terluka, ia tetap melangkah, menapaki hidup yang harus ia jalani. Maukah kau menjadi temannya untuk perjalanan ini?




Novel ini menceritakan tentang perjalanan seorang wanita yang memasuki usia 30 tahun, yang bernama Maya. Dia merasakan seperti sebuah bola besar yang menggelinding kebingungan, karena pada usianya yang memasuki kepala 3 dia merasa tidak mengerti akan siapa dirinya dan apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidupnya. 
Keinginan kuatnya untuk keluar dari semua lingkungan hidupnya di Indonesia dan menjadi Maya yang baru, membuatnya mencari pekerjaan di sebuah kapal pesiar di Eropa.

Dalam novel ini kalian akan dibawa untuk melihat bagaimana ritme pekerjaan dalam sebuah kapal pesiar. Apa saja sebenarnya yang ada di dalamnya dan seperti apa para pegawainya. Kalau kalian membayangkan enaknya bekerja di sebuah kapal pesiar buang jauh itu semua. Enak sih bisa berkeliling Eropa gratis tanpa dipungut biaya malah di bayar, tapi beban pekerjaannya lumayan berat. 
Kehidupan Maya di kapal pesiar benar-benar di ceritakan secara detail bagaimana perjuangannya melampaui semuanya. Dari pengetahuannya yang nol sampai terbiasa dengan semua ritmenya. Penggambaran kota-kota yang disinggahi walaupun tidak secara mendetail, paling tidak bisa melihat secara garis besar.

“Pernah aku sangat kelelahan dengan segalanya dan ketika aku pulang ke kabin aku masuk kamar mandi, mengucurkan air hangat dari shower, lalu menangis sambal jongkok dan memeluk lututku di bawahnya dengan dramtis sampai puas. Aku ingin pulang saja.” (hal 13)

Ternyata perjalanan Maya tidak berakhir di kapal pesiar saja. Setelah beberapa bulan dia pulang ke Indonesia, dia kembali berkelana di kota London. Di kota ini dia benar-benar merasakan perjuangan yang lebih berat lagi dalam kehidupannya. Banyak kejadian yang membuatnya harus merasakan terpuruk dan bangkit kembali karena dia tahu bahwa hanya dia sendiri yang bisa menolongnya, dan ada makna yang terkandung dalam setiap masalahnya.

Novel karya Nuril Basri pertama yang aku baca ini memakai sudut pandang dari orang pertama. Karena dari sudut pandang Maya inilah aku bisa merasakan semua gejolak pikiran yang dirasakan Maya, semua kekhawatiran dan kebimbangan.

Semua interaksi tokoh dalam novel ini diceritakan dengan jelas. Interaksi antara Maya dan Oleksii yang banyak bercanda tapi santai. Maya dengan kekasihnya yang naik turun. Maya dengan Jonathan yang cheesy.
Dan mungkin yang paling bikin aku adem itu interaksi Maya dengan mamanya. Sebandel apapun anaknya, sejauh apapun anaknya pergi setiap ibu pasti menginginkan anaknya kembali ke pelukannya.

“Maya, semua orang memiliki sebuah rongga dalam diri mereka yang selalu ingin mereka isi.  Isinya tidak sama untuk tiap orang. Tugas tiap orang adalah mencari apa yang bisa mengisi ruang kosong tersebut. Tugasku sebagai ibu, adalah mengkhawatirkanmu dan menyuruhmu pulang.” (hal 362)

Novel ini cocok buat yang lagi mencari jati diri terutama yang punya kekawatiran karena umur yang sudah mendekati kepala 3 dan belum punya pasangan. Bagiku sendiri di awal aku merasa sedikit bosan karena cerita hanya berkutat dengan konflik didaalm kapal pesiar yang kurang greget bagiku. Tapi aku mulai benar-benar menikmati dan semakin terhanyut saat Maya mulai menginjak di London. Mungkin kalian akan sedikit merasa kesal dengan sikap Maya. 

Aku jatuh cinta dengan Oleksii btw (siapa juga yang nanya sih), sikap dia kepada Maya yang cukup manis sebagai seorang sahabat. Walaupun awalnya dia suka dengan Maya tapi tidak menghalanginya untuk selalu ada sebagai seorang sahabat bagi Maya. Tuh kan berkaca-kaca akunya kalau ingat bagaimana dia selalu ada untuk menghibur Maya saat kesulitan meskipun jaraknya cukup jauh. Sebenarnya aku masih mengharapkan cerita berlanjut untuk pertemuan keduanya, tapi penulis menginginkan hanya sampai Maya menyadari untuk pulang ke pelukan mamanya.



15 Jul 2019

Si Anak Sulung Yang Pemberani


Judul : Si Anak Pemberani
Penulis: Tere Liye
Tahun Terbit: Maret 2019
Penerbit: Penerbit Republika
Jumlah halaman: 424 halaman
ISBN: 978-602-5734-52-6

✬✬✬✬

"Aku Eliana, si anak pemberani, 
anak sulung Bapak dan Mamak 
yang akan menjadi pembela
kebenaran dan keadilan.
Berdiri paling gagah,
paling depan."

Buku ini tentang Eliana, si anak pemberani yang
membela tanah, sungai, hutan dan lembah
kampungnya. Saat kerakusan dunia datang, 
Eliana bersama teman karibnya bahu-membahu 
melakukan perlawanan.

Akhirnya ditangan juga salah satu wishlistku di tahun ini. Aku mulai jatuh cinta dengan karya Tere Liye setelah membaca serial Bumi, ya cerita tentang 3 sahabat mengelilingi berbagai klan. Kali ini aku ingin tahu karya beliau tentang serial Anak Mamak bagaimana cerita anak-anak ini.

Pernahkah kalian bayangkan beban sebagai seorang anak sulung? Mereka seperti terbebani untuk selalu jadi panutan bagi adik-adiknya, apakah benar seperti itu? Sebagai anak bungsu aku pernah bertanya ke kakak sulungku sih dan jawabannya biasa aja katanya, mungkin karena ortu kami yang nggak pernah beda-bedain jadi ya gitu deh jawabannya.

Nah di novel ini mengisah tentang seorang anak sulung yang berjuang demi tanah kelahirannya. Si sulung yang bernama Eliana merupakan kakak dari 3 orang adik, anak dari Bapak dan Mamak. Bagaimana perasaan Eliana saat merasakan terbebani menjadi seorang sulung yang harus bisa melakukan semuanya, yang harus selalu menjaga adik-adiknya, yang harus sempurna melakukan segala hal? Dia merasa tertekan dan akhirnya melakukan sesuatu yang membuat terbuka mata hatinya seperti apakah sebenarnya orang tuanya, apakah yang diharapkan dan dilakukan Mamak kepadanya, pengorbanan yang diberikan untuk Eliana. Secara tidak langsung novel ini memberikan pelajaran tentang ilmu pengasuhan anak, bagaimana cara berkomunikasi seorang Bapak yang bijaksana kepada anak perempuan sulungnya yang keras kepala. Komunikasi bapak dan Eliana serta anak-anak yang lain tentang segala hal, tentang cara hidup dengan orang, cara mencintai hidup dan kampungnya banyak diberikan di novel ini.

" Jangan pernah bersedih, karena sejatinya kemuliaan tidak pernah tertukar. Boleh jadi ornag-orang yang menghina itulah yang lebih hina. Sebaliknya, orang-orang yang dihinalah yang lebih mulia. Kalian tidak harus selalu membalas penghinaan dengan penghinaan, bukan? Bahkan cara terbaik menanggapi olok-olok adalah dengan biasa-biasa aja. Tidak perlu marah. Tidak perlu membalas." (Bapak kepada anak-anaknya hal 29).
"Jangan pernah takut pada sesuatuyang tidak sejati. Kalian keliru jika tukut pada hal-hal yang remeh seperti itu. Takutlah berbuat jahat, mengambil hak orang lain. Takutlah menganiaya, berbohong, mencuri, dan merendahkan harga diri. Takutlah atas hal-hal seperti itu, sesuatu yang lebih sejati. Maka kalian tidak akan pernah takut pada apapun." (hal 78)

Selain bercerita tentang kecamuk perasaan Eliana dengan semua perlakuan Mamak dan Bapak kepadanya, novel ini juga bercerita tentang kecintaan Eliana dan Empat Buntal terhadap tanah, sungai, hutan dan lembah kampungnya. Eh apa itu Empat Buntal? kalau kalian baca buku ini akan ketemu nama ini siapakah mereka dan bagaimana bisa disebut seperti itu dan perjuangan mereka dalam mempertahankan kampungnya. 

Para pembaca karangan Tere Liye pasti sudah hafal bagaimana gaya bercerita setiap novelnya. Cerita yang selalu memasukkan isu-isu sosial yang ada disekitar kita. Bahkan kadang kita tidak menyadarinya, tapi penulis bisa mengangkat dalam sebuah cerita dan membuat perasaan kita teraduk-aduk bahkan bisa membuat kita jadi berpikir dua kali. 

Novel yang berlatar belakang dalam negeri di salah satu kepulauan di negara kita ini mengangkat tema tentang kerusakan hutan, tentang orang-orang yang serakah dan bagaimana para pecinta kampungnya melawan. Kita dibuat gemas dengan tingkah laku para tokoh yang rakus, dibuat bersemangat ikut pembela para pembela tanah, sungai, hutan dan lembah kampungnya. 
Ya baca novel ini semua perasaan keluar bahkan sampai ketawa sendiri sampai mengeluarkan airmata saat membacanya.

Sebagai orang tua membaca buku ini aku bisa mengambil manfaat cara berkomunikasi Bapak terhadap anak-anaknya. Kehangatan keluarga yang sederhana ditengah kecamuk kampungnya. Apalagi sebagai ibu aku jadi sadar perlakuanku terhadap anak-anakku mungkin akan sering disalah artikan oleh mereka. 
Walaupun novel ini termasuk tebal tapi membacanya membuatku tidak bisa berhenti. Bahasa yang dipakai lugas banget jadi mudah dimengerti dan tingkah laku para tokohnya yang kadang konyol khas anak-anak banget membuatku jadi sering tersenyum-senyum sendiri.

Rekomen nih buku buat para orang tua buat belajar pengasuhan yang sesuai dengan kearifan lokal kita, buat yang suka baca fiksi malas baca buku nonfiksi.

14 Jul 2019

Malang Sehari Semalam



Pernah travelling bareng keluarga dengan budget yang minimalis? Pernah ngajak anak dibawah 12 th bepergian dengan cara mbolang alias backpackeran?

Kita alias aku ma suami pernah bercita-cita ngajak anak-anak mbolang ke beberapa tempat atau kota. Kemarin tanggal 6 juli akhirnya kesampaian keinginan kita ajak anak-anak mbolang alias backpackeran. Kita tentuin tujuannya di kota terdekat dan budget yang minimalis. Pilihan jatuh ke kota Malang, kota yang tidak terlalu jauh dengan hawa yang sejuk. Kali ini aku mau cerita pengalaman kami mengajak si kembar jalan-jalan dengan budget minimalis dan menikmati setiap momennya.

Perjalanan kali ini ide tercetus karena selama liburan panjang si kembar full dirumah nggak kemana-mana karena si ayah musti kerja luar kota. Kita pernah menjanjikan mengajak mereka jalan-jalan ke kenjeran park dengan uang angpao lebarannya, akhirnya kita kasih pilihan buat mereka tetep ke tujuan awal apa ke Malang tapi dengan budget minimalis dan ternyata mereka ingin merasakan sensasi itu juga. 
Ok sudah setuju semua kita mulai perencanaan nih mau kemana aja, ngapain aja, naik apa, nginep dimana? Dari hasil kesepakatan kita pulang pergi naik kereta ekonomi, menginap di hotel low budget, tujuan exploring sekitaran kota dan stasiun biar bisa di akses dengan jalan kaki kalaupun harus pakai alat transportasi memanfaatkan promo online. 

Kita sepakati perjalanan tanggal 6 juli sampai 7 juli kita mulai booking hotel dan tiket kereta. Dengan memanfaatkan promo dari GoPay kita dapat harga hotel dengan murah untuk family room dengan 3 bedroom dari harga awal Rp. 192.223 menjadi Rp. 156.915. Kita menginap di Airy Syariah Klojen Tanimbar 22 Malang. Kita booking kereta api lokal Penataran Surabaya-Malang dengan harga tiket Rp. 12.000 perorang.

Akhirnya hari yang dinantikan tiba kita berempat memulai perjalanan dari rumah pukul 07.00 dengan jadwal kereta api 07.49. Kita mendarat di Malang pukul 10.20 langsung jalan cari makan berhubung kita belum sarapan nasi (orang Jawa itu belum makan kalau bukan makan nasi he he he), padahal sih sudah pada minum susu dan makan kue. Ketemu deh warung pinggir jalan yang jualan punten pecel kita menikmati makan disana dan meet up ma teman komunitas OWOB yang kebetulan tempat tinggal nggak jauh dari sana. 
Selesai makan dan ngobrol kita lanjutin perjalanan dengan jalan kaki mengandalkan map dan GPS yang ada di hp. Walaupun berkali-kali ke Malang kita belum pernah jalan diseputaran kota dan hafal nama jalannya. 
Dari tempat makan kita jalan akhirnya sampai di alun-alun tugu Malang berhenti sejenak yang nggak ketinggalan adalah mengabadikan momen dengan foto sambil beristirahat sekedar minum. Sebenarnya sih jarak dari stasiun Kota Besar Malang ke Alun-alun Tugu nggak jauh, oh ya kita juga sempat mampir di Taman Trunojoyo yang letaknya depan stasiun.
perjalanan dari stasiun sampai alun-alun tugu

Perjalanan kita lanjut menuju Alun-alun Kota Malang, sempet salah jalan untung belum terlalu jauh dari jalan yang seharusnya. Di tengah perjalanan ketemu tempat persinggahan lagi, yaitu Terakot (Taman Rekreasi Kota). Disana kita singgah untuk sholat dhuhur dan sedikit explore tempatnya. Ternyata disini adalah tempat wisata rakyat yang murah meriah. Tersedia kolam renang yang harga tiket masuknya Rp 200, ya kalian nggak salah baca hanya dua ratus rupiah saja. Selain kolam renang disana juga tersedia mainan anak-anak. Untuk masuk pun kita nggak ada tiket masuknya. Oh ya disana juga ada transportasi murah meriah untuk keliling kota, bus pariwisata keliling Malang namanya MACITO (malang City Tour). Kalau naik bis ini gratis tapi saat kita disana sudah nggak beroperasi alias istirahat.

suasana taman rekreasi kota Malang

Setelah puas beristirahat kita lanjutkan perjalanan ke alun-alun kota Malang. Sepanjang jalan kita menemui banyak hal, melewati pasar burung, gereja kayu tangan yang legendaris. Akhirnya sampai di tempat tujuan awal alun-alun kota Malang. Karena sampai sini siang ya lumayan panas, tapi di pinggir alun-alun banyak disediain tempat duduk dengan peneduh dan cukup banyak pohon sehingga tetap sejuk. Kita beristirahat lumayan lama berteduh, istirahat, minum dan tidak lupa foto pastinya. 


Setelah cukup beristirahat kita lanjutkan perjalanan ke penginapan. Karena sudah terlalu lelah berjalan kita memutuskan langsung penginapan buat istirahat jalan-jalannya kita lanjutkan malam harinya saja.
Saat mencari penginapan sedikit kebingungan kita karena ternyata penginapannya berada di wilayah sekolahan. Kalau soal kamarnya termasuk besar dan luas serta bersih. Kalau fasilitas lumayan sih mungkin hanya kurang perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo kita harus sedia sendiri, ada wifi yang lumayan kenceng sih, ada air panas di kamar mandi, tv flat. Yang kurang berkenan sih setelah keluar kamar sedikit terkesan jorok seperti kurang terawat. Yang kami pikirkan sih mungkin karena ini berada di lingkungan sekolah dan termasuk salah satu praktek dari musrid-muridnya jadi masih belum dikelola dengan benar. Sebenarnya kalau benar-benar dikelola pasti akan mendatangkan tamu yang lebih banyak, apalagi sudah ikuta jaringan hotel online. Kalau aku bilang lumayanlah buat backpackeran pemula kayak kita dan sekeluarga. Karena dari semua yang kita cari hanya hotel ini yang sedia triple bed.

Airy Syariah Klojen Tanimbar no 22

Malamnya kita hanya jalan diseputaran alun-alun kota saja, itupun kita naik taksi online karena kaki sudah pada gempor. Sebenarnya sih jarak penginapan ke alun-alun nggak jauh tapi karena mikirnya besok musti jalan kaki lagi ya disimpen tenaga di kaki. Kita menikmati suasana sejuk alias dingin kota Malang dengan semangkok bakso dan sate kambing. Kalau boleh aku bilang makanan di kota ini termasuk murah meriah sih. Sayangnya saat kita di alun-alun air mancurnya belum dinyalain jadi ya kita hanya menikmati suasana banyaknya keluarga bermain dan bercanda di sana. Bagi kami itu sudah cukup menghibur, karena si kembar pun sangat menikmati. Kita yang biasanya tinggal di kota yang panas malam ini menikmati sejuknya hawa kota Malang. Esok kami berencana pulang ke Surabaya dengan kereta sore, tapi sebelumnya kita mau mampir ke kampung warna-warni dan kampung tridi.

Kami chek out dari penginapan setelah sholat Dhuhur dan langsung menuju ke kampung warna-warni dengan menggunakan taksi online. Kenapa tidak jalan lagi? ternyata kaki orang tuanya sudah sedikit gempor dan cuaca yang lumayan panas, dan ternyata jaraknya yang juga lumayan jauh dari penginapan. Sampai disana disambut dengan kampung yang di cat warna-warni dengan berbagai aksesorisnya. Yang pasti kalau kita di dua kampung berdekatan yang hanya di batasi dengan sungai ini yaitu kampung warna-warni dan kampung tridi jangan sampai nggak bawa kamera. Tempat wisata yang murah meriah dengan tiket 3rb rupiah perkampungnya kita sudah bisa bereksplorasi menemukan tempat berfoto atau berselfi ria. 
Setelah puas berfoto kita melanjutkan perjalanan ke stasiun kota. Jarak kampung ini dan stasiun tidak terlalu jauh bisa ditempuh sekitar 15 menit berjalan kaki. Karena jadwal kereta kita jam 17.00 dan kita selesai eksplorasi jam 14.00 kita berkesempatan menikmati taman didepan stasiun yang dikenal dengan taman Trunojoyo. 

kampung warna-warni, kampung tridi dan kampung biru

Kita mengakhiri perjalanan 2 hari semalam di kota yang sejuk ini membawa banyak kenangan. Perjalanan kali ini membuat kita merencanakan perjalanan berikutnya, kota mana lagi yang akan kita eksplore dengan budget yang minimalis.

Budget yang kita habiskan selama 2 hari semalam di kota Malang :
1. Tiket KA PP  : @12.000 x 8 = 96.000
2. Biaya menginap :               = 156.915
3. Makanan kecil + minum + keperluan tak terduga = 200.000
4. Makan 4 x : 45.000 + 70.000 + 50.000 + 70.000 = 200.000
 (kita cuman makan 4 kali karena banyak makan jajanan juga, pokoknya bisa gagal diet kalau disana)
5. Transportasi online 4x : 8.000 + 11.000 + 11.000 + 15.000 = 45.000

Jadi total kita habiskan dana sekitar 600rb - 700rb mungkin kita bisa bulatkan jadi 1jt dana eksploring 2 hari semalam di Malang dengan membawa 2 anak umur 11 th. Dari hitungan kita sebenarnya budget itu masih bisa kita hemat lagi dengan biaya makanan kecil dan makan utama yang terlalu banyak porsinya. Di malang itu biaya makan murah kalaupun harganya sedikit diatas rata-rata ternyata porsinya yang sedikit besar, seporsi bisa dimakan berdua jadi nggak sampai buang sisa makanan.

Pengalaman ini mungkin tidak akan pernah terlupakan. Walaupun tempat yang kita tuju tidak terlalu jauh tapi pengalaman pergi dengan biaya murah meriah dan bisa lebih mengenal kota yang kita kunjungi dan rasanya kami lebih menikmatinya.


4 Jul 2019

Anak Perempuan Yang Sudah Sudah Bukan Anak-anak

Kali ini dapat tantangan buat menceritakan tentang diri sendiri lagi. Kenapa aku bilang lagi? dulu aku pernah memposting tentang diriku di blog karena tantangan juga sih bisa baca di link siapa aku. Yang aku ceritakan sebenarnya sih masih sebagian kecil, tapi bagiku itu sudah membuka tentang diriku.

Disini aku mau bercerita tentang arti nama yang diberikan kedua orang tuaku. Kalau dilihat dari namaku keliatan banget kalau aku itu orang Jawa tulen yak. Ya memang aku orang Jawa la wong asli desa Gilang, kecamatan Ngunut, kabupaten Tulungagung, Propinsi Jawa Timur. Lengkap nggak tuh daerah asalku, bagi yang belum tau dimana itu kalian bisa langsung kepo di maps yak, insyaallah akan ketemu. Jadi aslinya ya aku itu emang wong ndeso terpencil lagi ha ha ha... Kenapa dibilang terpencil karena menurut suamiku kalau ke rumahku itu transportasinya lumayan susah, emang iya sih walaupun nggak jauh dari jalan propinsi tapi jarang angkutan umum yang lewat. Yang paling gampang itu kalau pakai kereta api sih, karena rumahku nggak jauh sama stasiun. Ok kita stop soal kampung halamanku ya, walaupun terpencil tapi aku tetap mencintainya.


Balik ke arti namaku Siwilih Nurdayati itu secara penuh bisa diartikan anak perempuan yang menjadi contoh dan pembawa cahaya petunjuk bagi keluarga. Eh dua kata bisa segitu panjang artinya ya..
Ok ternyata 2 kata dari namaku itu mengandung beberapa penggalan kata dengan 4 arti.
Siwilih itu dari kata Siwi dan Sesulih ; Siwi itu artinya anak perempuan sedangkan sesulih artinya contoh. Sedangkan Nurdayati itu dari kata Nur yang artinya cahaya dan Dayati dari kata hidayah yang berarti petunjuk atau bimbingan. 

Dan anak perempuan yang jadi contoh serta pembawa cahaya hidayah  bapak ibuku sekarang sudah bukan anak-anak lagi tapi sudah jadi ibu. Anak perempuan yang dulu termasuk bandel, suka main nggak pulang-pulang, suka teriak-teriak nggak jelas, yang di juluki rayap buku bapak sekarang sudah jadi ibu-ibu. Jadi ibu dari 3 anak yang sudah nggak imut lagi tapi membuatku bangga jadi seorang ibu. Seorang ibu dari seorang anak perempuan yang sudah menginjak remaja bercita-cita jadi psikolog (aamiin smoga tercapai ya nak). Seorang ibu dari si kembar walaupun cowok tapi sedikit manja, dan pemalu.

Setiap nama yang tersematkan selalu mengandung do'a yang terbaik dari orang tua. Walaupun nama sederhana tapi penuh akan makna. 

2 Jul 2019

Ngedate Seru Bareng Azalea Dan Hijabee Surabaya

Biasanya kalau minggu siang kalian isi dengan acara apa nih? Kalau aku sih biasanya kuhabiskan dengan keluarga tercintaku, tapi hari ini acaraku sedikit beda. Minggu yang biasanya kuhabiskan ngedate bareng keluarga kali ini kuhabisin bareng Azalea Beauty Hijab dan komunitas Hijabee. Kira-kira ngedate macam apa ya?

Minggu siang yang panas apalagi di Surabaya matahari diatas kepala banget tapi, hawa sih sedikit sejuk dibanding biasanya aku diantar sopir kesayangan alias paksu tercinta ke acara Azalea dan Hijabee. Berhubung masih sedikit buta daerah Surabaya jadi musti sering diantar-antar kalau lagi ada acara.
Kali ini acara diadakan di sebuah cafe yang instagramable tempatnya, sayang nggak sempat explore lebih jauh lagi. 
Acara ini diberi judul " Hair Beauty Dating And Sharing Session"

Acara dibuka pukul 13.30 oleh Kak Afini (dan baru tau ternyata dia adalah presenter tv hihihi kepo ma akunnya), sang mc dengan pengenalan produk Azalea. Penjelasan mendetail tentang produk Azalea diberikan oleh kak Wina.

Selama ini kita mengenal produk Azalea adalah shampo khusus untuk wanita berhijab, ternyata produknya nggak cuman itu aja. 



Azalea yang punya tagline "Beauty From Sunnah" semua produknya terinspirasi oleh Thibbun Nabawi, yaitu semua jenis pengobatan didasarkan hadis yang datang dari Nabi Muhammad SAW berkaitan dengan penyakit, pengobatan dan kebersihan.
Karen inspirasi thibbun nabawi Azalea memakai bahan utama olive oil yang dipadukan dengan bahan-bahan alami sesuai dengan kegunaannya.
Masalah yang sering dikeluhkan wanita berhijab rambut lembab dan lepek, rontok serta ketome dan gatal. Untuk permasalahn rambut ini Azalea mengeluarkan produk shampo yang terinspirasi thibbun nabawi dan olive oil.
Produk shampo yang beredar di pasaran saat ini ada 2 varian, yaitu :

1. Azalea Hijab Shampo Citrus extract.
Shampo ini mengandung olive oil dan ekstrak citrus (jeruk nipis atau lemon). Jeruk nipis/lemon dikenal dapat mengatasi dan mencegah masalah ketombe di kulit kepala yang menyebabkan gatal. Kemasan produknya dominan dengan warna biru.

2. Azalea Shampo Ginseng extract. 
Shampo ini mengandung olive oil dan ginseng extract bermanfaat untuk merawat dan menghaluskan helaian kulit, serta mengurangi kerontokan. Produk ini dikemas dengan wadah berwarna hijau.

Selain shampo azalea juga mengeluarkan produk inovasi khusus wanita muslimah untuk mengatasi bau apek di rambut, hijab dan badan. Azalea Hair Hijab and Body Mist, produk inovasi yang bisa dipakai di rambut, hijab dan juga tubuh. Selain dipakai untuk mencegah rasa lepek dan rambut yang susah diatur produk ini juga dapat dipakai untuk mengatasi masalah bau apek saat cuaca panas. Wangi yang menyegarkan berasal dari zaitun oil dan extract aloe vera, bentuknya juga praktis bisa dibawa kemanapun. Karena kandungan alkohol yang sangat kecil produk ini tidak akan meninggal bercak saat disemprotkan ke hijab kita.

Azalea baru saja mengeluarkan produk varian shampo baru yaitu, Azalea shampo habbatussauda oil. Produk ini dipakai untuk merawat rambut yang rusak. Shampo varian ini dikemas dengan warna ungu cantik. Dalam pemakaian awal produk ini rambut akan sedikit kaku, hal ini dikarenakan rambut sedang mengalami detok. Untuk lebih memaksimalkan bisa di kombinasikan dengan hair mist.

Produk terbaru yang barusan di launching adalah produk bodycare dan personal care. Produk ini mengandung minyak zaitun yang dikombinasikan dengan habbatussauda oil, rosehips oil, aloe vera extract untuk merawat kulit dari luar maupun di salam. Produknya antara laian :
1. Intensive skin white cream with zaitun oil dan rosehip oil 
Produk ini dipakai untuk merawat kulit kering, kasar dan pecah-pecah terutama pada kaki, siku dan lutut. Mengembalikan kelembaban alami dan elastisitas kulit, sehingga kulit terasa lembut dan halus. Mampu menyamarkan bekas luka, kulit tampak lebih cerah dan mengurangi bau tidak sedap pada kaki. Tidak lengket atau meninggalkan noda. Nyaman digunakan kapanpun.

2. Intensive white hidrogel with zaitun oil dan Aloe vera extract
Merawat kulit yang kering, kasar dan bersisik terutama pada kaki, siku dan lutut. Membantu menjaga hidrasi kulit sehingga kulit tetap sehat, berseri dan lembab, menutrisi sekaligus membantu mengembalikan warna alami kulit. Dengan sensasi dingin menyejukkan, tidak lengket, atau meninggalkan noda. Aman digunakan kapanpun.

3. Zaitun oil  dan rosehip oil. 
Melindungi dan menambahkan kelembaban alami kulit, menghaluskan kulit dan membantu merawat bekas luka pada kulit, menjadikan kulit halus, tanpa noda dan tampak sehat bercahaya. Produk ini juga bisa digunakan sebagai make up remover

4. Zaitun oil dan habbatusauda oil.
Melindungi dan menambah kelembaban alami kulit, menghaluskan kulit dan membantu merawat kulit kering dan kasar. Menjadikan kulit lembut, cerah alami dan tampak berseri. Produk ini dapat.menggantikan body lotion.





Setelah sharing tentang produk dan kesehatan rambut oleh tim Azalea acara dilanjutkan sharing tentang komunitas hijabee. 
Komunitas ini terbentuk sejak tahun Juli 2011. Aktifitasnya antara lain program rutin kajian muslimah, charity dan even-even sharing seperti ini.
Sharing berikutnya diisi dengan kajian muslimah bareng Uztadzah Dian Fitriaswaty. Beliau adalah seorang family psikologis, founder tadabbur Qur'an on the road, founder cafe psikologis dan positif class.
Kajian muslimah kali ini bertema bekal menjadi ibu dan istri yang cerdas.
Sebelum masuk ke materi utama kajian ini beliau menerangkan tentang kehidupan. Setiap kita hidup pasti menginginkan kebahagiaan, tapi kadang ukuran kebahagiaan setiap orang berbeda. Sebenarnya apasih kunci untuk bahagia? kuncinya adalah selalu menjadi pribadi yang positif. Setiap orang bisa bahagia, tapi ada beberapa orang yang susah untuk mencapainya. Orang yang susah mencapai kebahagiaan biasanya adalah orang yang kurang mengenal akan penciptanya. Manusia selalu melihat penilaian dari manusia lainnya, tanpa kita memiirkan bagaimana penilaian penciptanya. Hal ini biasanya yang paling mengusik hidup kita, karenaselalu ingin dilihat baik dihadapan manusia lain padahal penilaian manusia hanya secara lahiriah saja. Kita harus punya mindset untuk menjadi baik itu selalu memperbaiki personality/ akhlaknya.

Apa arti percaya diri sebenarnya? Percaya diri adalah orang yang nyaman dengan dirinya sendiri. Karena dengan nyaman akan dirinya membuat kita bisa menempatkan dimana saja dan kapan saja. Kadang ada beberapa hal yang membuat kita dicap dengan pribadi yang negatif. Kalau bolehkita bilang sebenarnya di hadapan Allah manusia itu dilahirkan dalam keadaan yang positif, fitrahnya kita adalah positif. Tapi diperjalanan hidup kadang kita bisa berubah menjadi negatif, kenapa? Itu semua karena pembentukan diri kita oleh orang tua juga lingkungan sekitar. Jadi apa peran kita sebagai wanita dalam hal ini? Kenapa kita dituntut untuk menjadi wanita yang cerdas?
Perempuan adalah arsitek peradapan. Karena dibalik sesuatu yang besar dan hebat selalu ada sosok perempuan. 
sedangkan cerdas sendiri adalah kemampuan untuk mengatasi masalah. Kita mengenal banyak kecerdasan ada intelegensi, emosi dan spiritual, jika ketiganya dapat dipakai secara bersamaan dapat mengatasi banyak masalah dimasa depan. Cerdas itu kalau kita selalu menggunakan akal saat melakukan atau memutuskan sesuatu.
Kedewasaan seseorang itu bukan diukur dari usianya tapi dari kematangan emosinya. Orang dewasa akan mempunya kematangan emosi dan bijaksana karena dia memiliki self control yang bagus.
Bagaimana supaya kita menjadi istri dan ibu yang cerdas?
- Kita harus suka belajar.
Orang-orang cerdas adalah orang yang suka belajar. Dengan ilmulah kemudahan-kemudahan akan datang.
- Berlatih, bisa dengan menulis diary bersyukur setiap hari. Manusia itu cenderung menolak hal-hal yang tidak disukai dengan kita selalu bersyukur mindset kita akan selalu positif. 
Untuk menjadi perempuan cerdas, keren kita harus selalu menjaga isi kepala dengan berprasangka baik, berpikiran dominan positif. Akhirnya akan membuat kita selalu mensyukuri segala yang diperoleh tanpa banyak mengeluh.

Kegiatan minggu siang walaupun hanya beberapa jam tapi membuat hati dan pikiran terbuka terutama sebagai seorang perempuan. Oh ya pulangnya kita dikasih oleh-oleh dong pastinya dari Azalea dan Hijabee, produknya azalea shampo dan hair hijab and body mist pas banget ini. Selain oleh-oleh yang mantap selama acara perut kita dibikin kenyang saudara, acaranya sih free tapi jamuannya memuaskan apalagi penataan tempatnya cantik banget.


@templatesyard