BUNDA NARAFID

19 Mei 2019

Lip Cream Andalanku


Wanita nggak akan pernah jauh dari yang namanya make up, bener nggak? meskipun cuman bedak doang itu ya tetap make up namanya. Diriku itu termasuk orang yang paling males kalau disuruh dandan. Semalas-malasnya daku berdandan tetep aja sih punya make up andalan kalau lagi keluar rumah. 
Make up andalanku hanya ada lipstik, bedak tabur dan pelembab wajah.
Berhubung nggak suka dandan apalagi kalau musti touch up habis cuci muka aku pakai lipstik yang nggak mudah hilang alias matte. 

Nah, lipstik pilihanku jatuh di "Wardah Exclusive Matte Lipcream". Mau tahu lipstik model apa itu kok bisa jadi andalan buatku yang malas dandan, kita ulik yak!!
Aku itu suka lipstik yan nempelnya awet tapi nggak bikin kering di bibir dan warnanya kalem.
Biasanya lipstik yang matte alias nempel tahan lama itu bikin kering di bibir, akhirnya bibirku jadi pecah-pecah.
Akhirnya ketemu ma lipstik yang pas banget sama diriku baik pilihan warnanya, maupun kandungannya.

Wardah mengeluarkan rangkaian produk Exclusive Matte Lipcream. Rangkaian produk lipstik eksklusif dari Wardah ini menawarkan hasil yang velvet matte yakni tidak membuat bibir terlihat kering dan pecah-pecah. Teksturnya yang lembut saat dipoleskan di bibir juga terasa lebih lembab karena mengandung lushlip liquid dan diperkaya vitamin E. Jadi saat memakai Wardah Exclusive Matte Lipcream, kelembaban bibir pun selalu terjaga meski digunakan seharian.

Soal warna, lipstik ini mengandung colorbinding pigments yang membuat hasil polesan lipstik lebih intens dan tahan lama meski hanya dengan satu kali pulas. Dengan tekstur yang sangat creamy dan lembut di bibir, hasilnya takkan mengecewakan.

Wardah Exclusive Matte Lipcream menawarkan warna-warna cantik dengan 18 pilihan warna mulai dari nuansa nude, pink dan merah. Jika ingin tampil dengan nuansa pink yang manis, bisa dipilih Fuschionately, Pink Me, Pink Credible, Mauve On, Heart Beet, Rosy Cheek, Saturday Night,dan Berry Pretty. Kalau ingin tampil simpel dengan nuansa nude, bisa memilih See You Latte, Speachless, My Honey Bee, Pinky Plumise, dan Oh So Nude. Sedangkan jika ingin tampil lebih bold dengan nuansa merah, bisa memilih Feeling Red, Hello Ruby, Red Dicted, dan Plum It Up. 

Ternyata pilihannya banyak dan kandungan didalamnya sesuai ma yang aku butuhin. Kalau aku sendiri suka warna yang pink pilihanku di Mauve On. Warna ini nggak terlalu mencolok dan pas banget di kulitku. Warnanya nggak pudar meskipun aku makai maksimal hanya 2 kali pulas, kadang kalau keburu-buru hanya sekali pulas nempel seharian. Walaupun habis kupakai wudhu nggak hilang jadi nggak perlu dipoles lagi. Diriku itu tipe yang malas bawa make up kit kemana-mana pas banget dengan keawetannya. 







THR oh THR


Nggak terasa sudah 13 hari Ramadhan terlampaui dan semakin mendekati hari raya Idul Fitri. Biasanya kalau sudah semakin dekat dengan hari raya mulai terdengar istilah THR nih. Mulai banyak yang ngomongin soal THR mulai dari para pejerja kantoran sampai ibu rumah tangga bahkan anak-anakpun juga ngomongin.

Apa sih sebenarnya THR itu? 
Menurut wikipedia Tunjangan Hari Raya atau disingkat THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia. THR ini wajib dibayarkan paling lambat tujug hari sebelum hari raya keagamaan. Hari raya keagaamaan yang dimaksud disini adalah, hari raya Idul Fitri bagi pekerja bergama Islam, hari raya Natal bagi pekerja yang beragama Kristen Katholik dan Protestan, hari raya Nyepi bagi pekerja beragama Hindu, hari raya Waisak bagi pekerja beragama Budha dan hari raya Imlek bagi pekerja yang beragama Konghucu.

Diatas itu arti secara umum buat orang dewasa dan pegawai ya, eh ibu-ibu juga ding walaupun dirumah tapi yang paling rempong kalau ngurusin THR suami. 
Bagi anak-anak sendiri ada istilah THR juga lo dan mereka juga sudah mulai menghitung, terus terang anak-anakku juga sudah mulai melakukan perencanaan. 
Bagi anak-anak THR itu uang jajan yang diberikan keluarga atau mungkin tetangga saat mereka bersilaturahmi pas hari raya. Tapi kadang ada juga yang dibaginya malah sebelum lebaran/hari raya seperti anak-anakku nih, kadang mereka dapat THR dari uti kakungnya atau pakdhe buat beli baju hari raya, atau untuk kebutuhan hari raya biasanya. 

Nah karena THR itu bisa dibilang bonus ya, karena itu penghasilan diluar gaji bulanan atau diluar uang saku bagi anak-anak. Untuk itu kita perlu pengelolaan yang benar supaya benar-benar bermanfaat dan nggak cepat habis, karena ada beberapa orang yang gelap mata mumpung dapat bonus langsung aja belanja. Dan kalau lagi gini diskonan belanja bisa bejibun tuh.

Bagi orang dewasa kita memang harus bijak menyikapinya. Memilah semua keperluan yang ada bikin skala prioritas dan jangan langsung dihabiskan semuanya. Tetap harus disisihkan sebagian untuk dijadikan simpanan untuk saat terdesak.
Bagi anak-anak kita bisa mengajarinya untuk mengelola keuangannya dengan baik. Ajari mereka membelanjakan uangnya untuk hal yang positif dan tidak menghabiskan langsung. 

Baik itu anak-anak maupun orang dewasa saat menerima THR harus benar-benar membelanjakan dengan bijak. Bonus bukan berarti harus langsung dihabiskan saat itu juga, usahakan untuk menyisakan meskipun sedikit untuk dana tak terduga.

18 Mei 2019

Adakah Yang Lebih Penting Dari Cinta ?

Judul: Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta
Penulis: Alvi Syahrin
Tahun Terbit: 2019
Penerbit: Gagas Media
Jumlah halaman: 224 halaman
ISBN: 978-979-780-934-8

Terkadang cinta memang sakit dan rumit. Namun, bisa pula nenbuat bahagia dan senyum tidak ada habisnya. Keduanya bersimpangan, tetapi pasti kita rasakan.
Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta dituliskan untukmu yang pernah merasa terpuruk karena cinta, lalu bangkit lagi disebabkan hal yang sama.

##########

"Saat jatuh cinta dengan lawan jenis membuat kita jauh dengan teman, pasti ada yang lebih penting daripada cinta dalam hidup ini."

Apa yang akan terjadi kalau kita nggak pernah jatuh cinta, ada apa sih?
Buku ini benar-benar dikemas untuk kita yang selalu mengagungkan kata cinta, untuk kita yang merasa bahwa hidup nggak berarti tanpa adanya cinta. 
Benarkah sepenting itu cinta? 

Buku ini termasuk dalam kategori pengembangan diri, membuat kita menyadari bahwa cinta itu bukan segalanya. Kemasannya cukup menarik dengan sampul hitam tulisan berwarna orange, judulnya juga bikin kontroversi juga sih. Jadi tambah penasaran isinya apa sih.
Buku yang dikemas dalam banyak bab, memuat cerita setiap tahap kehidupan seorang. Dimulai saat mengenal ketertarikan terhadap lawan jenis sekitar umur 14 tahun sampai dia beranjak dewasa dan menikah.

Dari sudut pandangku, si penulis memberikan contohnya adalah sosok perempuan. Penulis memberikan contoh ini karena memang kebanyakan yang jadi "bucin" (budak cinta) itu memang wanita. Wanita yang selalu mengedepankan perasaan dibanding logikanya membuat mereka kadang terbutakan dengan perasaan cinta.

"Don't cange him, don't change her. change yourself. Be a better person. Love will come."(hal 60)

Ya kadang tanpa sadar kita ingin merubah orang yang kita cinta menjadi lebih baik, tapi justru kita yang terbawa arusnya. Karena ketakutan akan ditinggalkan oleh orang yang kita cintai. Kalau logika masih main kita tahu bahwa, kita nggak bisa merubah seseorang selain orang itu sendiri. 

Apakah masalah cinta ini akan berakhir dengan pernikahan? Apakah kebahagiaaan permanen ada di pernikahan?
Di bagian akhir buku diceritakan bagaimana kita harus menyikapi sebuah pernikahan. Bahwa kebahagiaan tentang cinta itu nggak akan berakhir dipernikahan. Di setiap bagian terselip nasihat untuk kita yang mengalami permasalahan yang sama dengan cerita. Di beberapa bagian akan dikaitkan dengan ayat di kitab suci Al-Qur'an tapi buku ini tidak dikhususkan hanya untuk muslim masih bisa dibaca oleh umum.

Aku sebagai wanita yang sudah menikah mengatakan bahwa semua yang diceritakan di buku ini adalah benar. Aku sudah pernah mengalaminya semua. Kadang kita nggak menyadari bahwa itu bisa jadi pembelajaran sampai seseorang menulisnya dan menceritakannya. 
Buku ini cocok untuk dibaca semua kalangan, terutama para pemuja cinta. Pas banget buat remaja yang mulai mengenal apa itu cinta.


Gaya Rambut Buat Muslimah Berkerudung

Ngapain sih berkerudung musti repot-repot mikirin gaya rambut, nggak keliatan ini selalu ditutupi?  
Aku sebagai salah satu wanita berkerudung kadang bingung juga lo ngatur gaya rambut biar nggak mengganggu aktifitas juga nggak gerah. Kita tahu juga kalau rambut itu adalah mahkota. 
Nah kalau kita nyaman dengan rambut yang ada di balik kerudung aktifitas juga nggak akan terganggu.
Model rambut atau potongan rambut yang tepat akan mempengaruhi kenyamanan kita dan ini membuat lebih mudah untuk menjaga kesehatan rambut.
Faktor kepraktisan sekaligus kemudahan dalam perawatan rambut berkerudung merupakan faktor utama untuk kita harus tahu model rambut yang sesuai.

Berdasarkan laman nova.grid.id ada model rambut yang sesuai dengan wanita berkerudung :

Rambut pendek
Saran yang sangat umum diberikan buat wanita berkerudung. Karena denganrambut pendek mudah diatur, mudah dikeringkan saat basah, mudah dibersihkan, serta tidak berdampak pada kelembabab yang berujung pada masalah ketombe, bau tak sedap dan masalah lainnya. Tapi kalau tatanan rambut cenderung ikal, kaku, dan bervolume, berhati-hatilah ketika memotongnya karena sisa anak rambut akan mengganggu dan terkesan berantakan saat menata pemakaian kerudung.
Untuk menyiasati rambut berantakan saat pakai kerudung, cukup gunakan ciput ninja (dalaman hijab) agar penataan rapi dan sempurna. Bila anak rambut masih keluar, sisir terlebih dahulu rambut ke arah belakang, lalu gunakan bandana yang dilanjutkan pemakaian ciput.

Untuk rambut pendek hindari model pixie, tapi pilih bob atau lob. Hal ini dikarenakan rambut pixie membuat pemkaian kerudung jadi terkesan kempis atau tidak bervolume, selain itu juga susah diikat membentuk kuncir kuda.
Sedangkan rambut bob atau lop lebih mudah ditata dan diikat saat mengenakan kerudung. Tapi sebelum memasang kerudung pastikan rambut kering, bersih dan tidak berbau untuk menghindari masalah kerontokan rambut.

Rambut Panjang
Untuk wanita berkerudung masih bisa kok punya rambut panjang, selama kita selalu merawatnya dengan benar. Seperti memberikan waktu rambut untuk bernafas, jadi nggak di tutupi terus, mencuci dengan teratur.
Nah, untuk rambut panjang nggak mungkin kan digerai saat memakai kerudung. 

Untuk rambut yang nggak terlalu panjang bisa diikat pony tail, tapi jangan terlalu ketat juga untuk mengikatnya. Biar aliran darah tidak terganggu karena ketegangan di area kulit kepala.
Kalau rambutnya cukup panjang bisa dikepang dulu kemudian digulung membentuk sanggul. Sama seperti rambut pendek kalau ada sisa-sisa rambut yang tidak bisa diikat kita bisa menggunakan bandana atau ciput. 

Pemilihan mode atau tatanan rambut untuk wanita berkerudung tergantung pilihan masing-masing orang. Kita harus pilih mana yang membuat kita nyaman sehingga memudahkan untuk beraktifitas tanpa terganggu dengan rambut dan kita bisa merawatnya dengan baik.


16 Mei 2019

Tunik Baju Andalan Para Muslimah

Sebagai seorang perempuan pasti konsen banget nih soal penampilan. Salah satu yang jadi konsen itu model baju. Kalau bagiku untuk milih baju nggak harus ngikutin tren, nggak harus mahal juga yang penting nyaman kupakai. 
Nah sebagai muslimah juga aku paling suka dengan model baju yang nggak ketat alias sedikit longgar. Model yang paling sering kupakai itu model tunik. Dan atasan model tunik adalah baju yang paling sering dipakai para muslimah.
Kita sudah sering kan dengar istilah baju tunik dengan berbagai model, tahu nggak sebenarnya tunik itu apa dan gimana sejarahnya?

Menurut wikipedia tunik adalah (bahasa inggris : tunic) pakaian longgar yang menutupi, dada, bahu dan punggung. Baju ini bisa berlengan atau atau tanpa lengan panjangnya sampai dipinggul atau diatas lutut. 
Sedangkan asal usul tunik adalah pakaian yang disebut tunica. Pakaian ini dikenakan orang Yunani Kuno, Romawi Kuno dan Kekaisaran Romawi Timur. 

Di Romawi Kuno, tunik adalah pakaian pria dan anak laki-laki. Pria muda dan prajurit mengenakan tunik berwarna putih yang panjangnya hanya sampai di atas lutut. Laki-laki berumur, bangsawan, dan hakim mengenakan tunik hingga sampai di pergelangan kaki. Rakyat biasa mengenakan tunik yang dibuat dari kain wol berwarna putih. Jadi itu asal muasal baju tunik dan istilah tunik terjadi.

Jadi baju muslimah model tunik bukan berasal dari Timur Tengah lazimnya busana muslimah berasal. Di Indonesia istilah tunik untuk menyebut baju atasan yang panjangnya mencapai lutut kaki.

Karena tunik modelnya cukup sederhana dan mudah untuk dikombinasi dengan bawahan apapun baik rok maupun celana, membuat lebih sering dipakai oleh para muslimah. 
Dari hasil mencari tentang istilah tunik ini ada satu laman yang mengenalkan jenis busana tunik ini, yaitu laman Seruji.co.id :
1. Simple tunik 
Tunik model simple yang cocok dipakai untuk sehari-hari, atau bisa untuk ke acara formal maupun semi formal. 
2. Tunik Chiffon
Tunik yang bahannya dari kain chiffon. 
3. Tunik Peplum
Tunik yang modelnya seperti biah plum, melonggar di bagian bawahnya. Biasanya model ini sering dipadukan dengan celana denim atau celana bahan.
4. Tunik Asimetris
Tunik yang potongan modelnya asimetris. 
5. Tunik Vest atau tunik ala rompi
Tunik yang berfungsi sebagai rompi biasanya tanpa lengan. 

Nah kita sudah kenal istilah tunik dan macam-macamnya sekarang tinggal milih model yang sesuai dengan keinginan. Apalagi mendekati hari raya begini pasti lagi berburu baju lebaran, kita jadi bisa memilah yang sesuai dengan karakter kita dan pastinya nyaman.

Ketupat Oh Ketupat

Kalau denger kata ketupat apa sih yang dalam pikiranmu? Lebaran alias hari raya Idul Fitri ya kan....
Puasa aja baru jalan sepertiga udah bayangin lebaran sih. Tapi tak apa sih kita mau prepare lebaran jauh-jauh hari kok mau masak ketupat sendiri (siapa tau mau, bikin kejutan).

Makanan ini keluar pasti di saat hari raya jadi sajian di meja makan, bareng ma opor ayam dan sambal goreng kentang (wuih bayanginnya semakin ngiler deh...). Ketupat itu apa sih? ketupat atau kupat hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda, atau kadang dari daun palma yang lain. Biasanya berbentuk kepal bersudut 7 atau jajaran genjang bersudut 6. 
Untuk memasak ketupat ini diperlukan waktu yang nggak sebentar lo, masaknya berjam-jam. Sebelum masak udah dibutuhin waktu buat merendam berasnya kurang lebih sejam bisa kurang, saat merebusnya sih minimal 4 jam bisa lebih. Itu kalau kita masaknya secara konvensional ya, aliasa pakai panci yang biasa. Kalau mau cepat bisa nih kita pakai panci presto pematangannya lebih cepat biasanya. 
Nah berhubung aku juga belum pernah bikin mari sama-sama kita cari contekan buat masak ketupat pakai panci presto supaya prosesnya nggak terlalu lama ya... (kali ini aku ngintip caranya dari link Merah Putih.com)

Memasak Ketupat menggunakan panci presto :
1. Siapkan kulit ketupat, bisa bikin sendiri atau beli dipasar tapi pilih anyaman yang rapi ya.
2. Masukkan beras ke kulit ketupat. Untuk beras ini dipilih minimal berkualitas sedang. Jangan pilih yang terlalu pera atau pulen, kalau terlalu pulen hasilnya akan lembek. Sebelum dimasukkan beras dicuci bersih, kemudian direndam dalam air selama kurang lebih 30 menit sampai sejam. Setelah direndam beras ditiriskan kemudian dimasukkan ke kulitnya. Takaran beras yang dimasukkan tergantung jenis beras yang dipakai. Kalau kualitas sedang cukuplah 1/3 rongga anyaman, kalau pulen sekitar 2/3 bagiannya.
3. Masak ketupat ke dalam panci presto.
Menggunakan panci bertekanan tinggi akan menghemat waktu. Cara memasaknya hampir sama dengan panci biasa, yakni rendam ketupat dalam panci presto. Airnya tak perlu sampai penuh agar tidak meluap. Nyalakan kompor dengan api sedang dan masak selama hingga panci presto berbunyi selama 10 menit. kecilkan api dan lanjutkan masak selama 45 menit. Agar ketupat semakin bercitarasa, ada beberapa rempah yang bisa kamu masukkan. Untuk ketupat lebih kenyal, masukkan air kapur sirih atau endapan abu merang saat merebus air (sebelum memasukkan ketupat ke dalamnya). Selain itu tambahan garam membuat ketupat lebi gurih atau daun pandan agar harum. 

4. Angin-anginkan dengan cara digantung.
Sering kita lihat orang menggantungkan ketupat, tahu nggak maksudnya? Ternyata tujuannya menggantung ketupat yang sudah masak agar ketupat lebih tahan lama. Dengan digantung, sisa air yang dalam anyaman ketupat ditiriskan.
Menggantung ketupat juga akan membuatnya tahan selama 2 hari di suhu ruang. Namun, kalau ingin ketupat lebih tahan lama, kamu bisa memasukkannya ke wadah tertutup yang kedap udara lalu menyimpannya di kulkas. Saat ingin memakan ketupat, kamu tinggal memanskannya dengan cara dikukus.

Nah sudah tau cara memasak ketupat sekarang tinggal eksekusinya ya....


15 Mei 2019

Ada Cerita Apa Hari Ini ?

Judul: Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
Penulis: Marchella FP
Tahun Terbit: Maret 2019
Penerbit: Pop
Jumlah halaman: 208 halaman
ISBN: 978-602-481-123-5

"Tentang memori, gagal, tumbuh, patah, bangun, berubah, dan semua ketakutan manusia pada umumnya"

Buku penuh ilustrasi pertama punyaku. Buku tentang motivasi diri mungkin sangat mendalam nih buat semua orang. Untuk yang sudah berumur diatas 30 sepertiku bacanya pasti manggut-manggut deh oh ya ya, bener ya itu yang akan ada dipikiran.

Buku ini diberi hardcover mungkin tujuannya biar kalau dibaca ulang sampul nggak akan mudah rusak. Buku ini membuat kita ingin terus membaca ulang walaupun sudah selesai hanya dalam beberapa menit.
Ya kita baca buku ini nggak perlu berhari-hari kok cukup duduk beberapa menit pasti akan selesai. Tapi baca ini butuh perenungan yang panjang dari setiap kalimatnya mempunyai makna yang cukup mendalam dalam kehidupan kita.

Buku ini memang kelihatan tebal banget dilihat dari jumlah halaman dan covernya. Isinya dipenuhi dengan ilustrasi yang disesuaikan dengan cerita yang disampaikan di setiap halamannya. Satu halaman hanya terdiri dengan beberapa kata, satu kalimat saja dengan satu ilustrasi.
Buku tentang surat untuk masa depan seorang Awan. Surat untuk anaknya di masa depan, tentang perenungannya.
Yang menarik dibuku ini bagaimana penggambaran kalimat yang disampaikan dengan ilustrasi yang sesuai dengan kalimatnya. Seakan memang itulah kisah yang terjadi dalam kalimatnya.
Buku ini dibagi berdasarkan waktu dalam satu hari yaitu, pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari. Isi setiap pembagian waktu ini sesuai dengan cerita atau cerminan yang akan kita alami saat waktu itu. 
Bener-bener bikin kita menyadari segala hal yang pernah kita alami. Pengalaman yang sebelumnya nggak kita sadari bagaimana sih sebenarnya ternyata kalau digambarkan jadi gini ya. 

Kalau ditanya bagian mana yang aku suka, semuanya bagian aku suka karena itu benar adanya dan kita nggak menyadarinya. Tapi bagian yang paling kusuka bagian malam hari, waktu saat kita mereview semua kejadian hari ini saat merenungkan semuanya.

" Kadang cukup itu lebih dari cukup"

Mungkin buku ini akan selalu kubuka berulang-ulang, rasanya nggak terasa udah diakhir halaman aja. Membacanya diakhir sedikit protes "yahhh kok sudah habis sih, padahal masih pingin baca lagi". Jadi bikin penasaran buku-buku dari pengarang yang lain deh.
Buku ini aku rekomendasikan sebagai bentuk semacam cerminan kehidupan kita, buku yang akan sering kita baca untuk mereview kehidupan harian kita.....




Sebuah Perenungan Dalam Kesendirian

Judul: The Puppeteer
Penulis: Jostein Gaarder
Penerjemah : Irwan Syahrir
Tahun Terbit: 2018
Penerbit: Penerbit Mizan
Jumlah halaman: 352 halaman
ISBN: 978-602-441-024-7

"Rasa malu mempersyaratkan adanya orang lain yang dihadapannya kita merasa malu. dengan begitu rasa malu adalah sebuah fenomena mewah. Hanya mereka yang memiliki jaringan sosial dalam kadar minimum tertentu dalam jangka waktu yang panjanglah yang bisa merasakan atau menderita rasa malu."

Novel ini adalah novel pertama yang berat menurutku, walaupun ceritanya sederhana tapi bahasa yang digunakan lumayan berat. Banyak istilah asing yang belum pernah kutemui, lebih spesifik sih bahasa asing. Apalagi ini berkaitan dengan ilmu filsafat yang berhubungan dengan asal kata. 

Novel ini mengisahkan seseorang yang hidup sendiri dan punya hobi yang aneh, suka mengunjungi acara pemakaman orang yang kadang tak dikenalnya atau hanya dikenal sekilas. Novelnya lebih dikemas seperti monolog pemeran utama saja, mengisahkan semua perjalanannya.
Ternyata karena memang ini adalah sebuah surat pemeran utama Jakop Jacobsen kepada Agnes sahabat pena tersayangnya.

Jacob hanya mempunyai teman terdekat Pelle Skrindo, bajak laut yang suka datang dan pergi sesukanya. Dia banyak menghadiri pemakaman di berbagai tempat, biasanya di tempat yang dekat atau searah dengan tujuan utama dia ke suatu tempat.

Jacob yang hidup dalam kesendirian  dia banyak mendapatkan tentang makna keluarga dan teman dari pemakaman yang dihadirinya. Dia sangat terobsesi dengan hubungan kekerabatan sebuah kata dari berbagai bahasa atau asal kata. Bagi dia hanya hubungan kekerabatan ini yang sangat dia pahami berdasarkan dari latar belakang ilmu yang dia kuasai. Seorang penyendiri tanpa punya keluarga dan hanya punya seorang teman yang lebih banyak membantah daripada mendengarkan, tanpa hubungan kekerabatan dengan manusia lain.
Sikapnya ini sebenarnya terbentuk karena kisah masa kecilnya yang hanya hidup bersama ibunya dan terasingkan. Semua ini diungkap dengan jelas di pertengahan bab di buku.

Sebenarnya kisah dibuku ini cukup sederhana sekali dan semuanya diperjelas di bab pertengahan sebab semua tingkah lakunya. Bagaimana hubungan ketiga tokoh yang paling sering disebut terungkap. Mungkin di bab awal yang bagiku agak sedikit membingungkan yang ternyata memang alurnya maju mundur. Terus terang aku awal baca judulnya itu nggak nyangka kalau emang judul dan isi relevan banget, aku kira itu judul hanya istilah aja untuk kisah didalam buku. 
Aku mulai menikmati setelah bab tengah sih dan bisa mengatakan buku ini lumayan bagus juga untuk kita memaknai apa tujuan hidup ini sebenarnya.



Bau Mulut Saat Puasa


Yang paling mengganggu saat berpuasa itu adalah bau mulut, bener nggak nih?
Sebelum bahas lebih lanjut bagaimana bau mulut di saat puasa,kita cari tau dulu yuk penyebab bau mulut secara keseluruhan.

Bau mulut ini bikin orang jadi hilang kepercayaan diri, jadi menjauhkan diri dari pergaulan. Menurut situs alodokter, bau mulut ini disebabkan banyak hal tapi 80% disebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut. 
Secara spesifik nih beberapa penyebab bau mulut :
1. Xerostomia, yaitu mulut kering yang disebabkan oleh gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
2. Gangguan saluran pencernaan, seperti penyakit maag atau gangguan asam lambung.
3. Sinusitis yang menghasilkan cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
4. Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati atau infeksi saluran pencernaan.

Selain penyebab diatas bau mulut juga disebabkan oleh hal lain seperti kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Nah kenapa saat berpuasa kita jadi mengalami bau mulut? karena sistem pencernaan kita sedang istirahat saat berpuasa. Biasanya sistem pencernaan kita berfungsi untuk mencerna makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh kita saat berpuasa sistem pencernaan kita sedikit beristirahat dari aktivitas mencerna makanan. Sumber bau mulut kita saat puasa itu dari organ-organ yang di dalam mulut. Salah satunya dari produksi air liur kita, air liur berguna untuk melembabkan mulut sehingga dapat mencegah bau mulut.
Sedangkan saat berpuasa produksi air liur kita berkurang karena asupan air yang masuk ke dalam mulut juga berkurang.

Gimana nih cara menghindari bau mulut saat kita berpuasa :
1. Perbanyak minum air putih saat sahur.
2. Gosok gigi sebelum tidur dan setelah sahur
3. Gosok gigi yang benar sampai tidak ada sisa makanan di gigi dan gusi
4. Hindari makanan yang menimbulkan bau tak sedap, seperti jengkol, pete, durian.

Tapi bau mulut orang berpuasa itu disisi Allah SWT lebih harum dibandingkan minyak misk, sedangkan bau minyak misk itu luar biasa harumnya. Jadi, kalau saat puasa mulutnya bau itu biasa dan kita juga harus bersyukur karenanya. Karena terkandung banyak hikmah dari bau mulut yang luar biasa saat kita berpuasa. 

14 Mei 2019

Sikat Gigi Dan Puasa

Sudah seminggu lebih kita berpuasa, perjalanan masih panjang belum ada sepertiga sista. Tapi alhamdulillah sampai hari ini belum bolong, begitu juga si kembar meskipun musti berpanas-panasan saat sekolah.

Ini si duo sering ribut soal sikat gigi, antara boleh dan nggak boleh kalau pas sore hari saat mandi. Akhirnya si ibulah yang jadi penengahnya, bisa nggak habis-habis itu debatnya. Mari kita duduk bertiga dan cari literatur tentang hukum sikat gigi saat puasa dan bagaimana melakukannya saat puasa.

Ok ketemu di web Konsultasi Syariah tentang hukum sikat gigi saat puasa :
Gosok gigi itu dianjurkan, dalam setiap keadaan baik saat puasa maupun tidak. Demikian pula boleh menelan ludah setelah bersiwak kecuali kalau ada sisa makanan maka harus dikeluarkan. Sebagaimana orang yang puasa kemudian berkumur, dia mengeluarkan air dari mulutnya, setelah itu boleh menelan ludahnya, dan tidak harus mengeringkan mulutnya dari air yang digunakan untuk berkumur.
Jadi dapat disimpulkan boleh sikat gigi atau bersiwak baik siwak kering maupun basah, apabila ada sisa makanan ya harus dikeluarkan.

Terus kapan tepatnya kita bisa bersikat gigi saat puasa?
Tepatnya saat sebelumtidur setelah berbuka dan setelah sahur, pada saat kita sudah berbuka. Hal ini menghindari tertelannya air ke dalam tenggorokan kita yang akhirnya masuk ke perut.
Dari laman Hellosehat.com diberikan beberapa tips menjaga kesehatan gigi saat berpuasa, yaitu :
1. Raih semua bagian gigi dengan sikat
    Menyikat gigi di 3 bagian, yaitu : permukaan bagian dalam, permukaan luar dan gigi bagian yang mengunyah.
2. Jangan langsung berkumur
    Lah kok nggak boleh sih. Pada dasarnya berkumur membersihkan dan mengurangi efek zay fluoride pada sisa pasta gigi, sehingga penggunaan pasti gigi tidak maksimal. Diamkan kurang lebih 5 menit saja.
3. Gunakan benang gigi
    Sambil menunggu efek kerja fluoride kita bisa membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus untuk gigi. Benang gigi mampu membersihakan sisa makanan disela gigi yang seringnya tidak terjangkau oleh sikat gigi. 
4. Gunakan obat kumur
    setelah menyikat dan membersihkan sudah selesai kita bisa menggunakan obat kumur yang mengandung flouride untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Jauhi obat kumur yang mengandung alkohol. Kita bisa menggunakannya saat setelah sahur jadi bau mulut kita jadi lebih harum.

Akhirnya sesi debat di kembar berakhir dan digantikan dengan manggut-manggut berdua. 
   

@templatesyard