3 Okt 2017

Mengintip Sistem Pembelajaran di Finlandia


Akhirnya aku mendapatkan buku ini sewaktu jalan-jalan dengan keluarga ke toko buku. Buku ini sudah nangkring di deretan best seller, padahal setauku belum lama juga terbitnya. Setelah aku buka ternyata ini sudah mengalami 3 kali cetakan dalam setaun itupun cetakan pertama baru bulan Juli tahun 2017 ( gila dalam waktu 2 bulan bisa naik 3 kali cetak....). Sepertinya buku ini memang menjadi incaran para pembaca yang penasaran bagaimana pengajaran di negara Finlandia.



Buku ini diberi judul : Teach Like Finland (Mengajar seperti Finlandia)
Penulis : Timothy D Walker
Editor : Adinto F Susanto
alih Bahasa : Fransiskus Wicakso
Penerbit : Grasindo
ISBN : 978-602-452-044-1
Cetakan : 3
Jumlah halaman : 190
Harga : Rp 70.000,-

Buku ini Kata Pengantarnya ditulis oleh seorang penulis terkenal yangbukunya banyak mengulas tentang sistem pendidikan di Finlandia, Pasi Sahlberg, beliau mengungkapkan bahwa ada 5 unsur penting yang membuat siswa Finlandia lebih baik daripada teman sebayanya di penjuru dunia lain.
Dulu Finlandia tidak pernah disebutkan saat kita bicara tentang sistem pendidikan yang baik atau dimana kita akan belajar tentang pendidikan yang sempurna. Semua berubah setelah Finlandia mengejutkan dunia ketika siswa-siswanya yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatkan skor tertinggi di penyelenggaraan PISA (Programme for International Student Assessment), pada 2001. Ujian ini meliputi penilaian ketrampilan berpikir kritis di matematika, sains dan membaca. Negara ini terus memukau kita. Bagaimana pendidikan Finlandia yang jam pelajarannya pendek, PR-nya tidak banyak dan ujiannya tidak begitu terstandarisasi, dapat mencetak siswa-siswa dengan prestasi yang sangat baik?
Buku ini ditulis oleh seorang guru yang berasal dari Amerika yang pindah bersama keluarganya dari Boston ke Helsinki. Selama di Helsinki penulis menjadi salah satu pengajar kelas 5 di Sekolah Komprehensif Ressu - sebuah sekolah umum Helsinki yang juga menawarkan program Sarjana Muda Internasional.
Pada bagian pendahuluan Tim menceritakan bagaimana cara dia bekerja menjadi guru di Boston dan bagaimana dia mulai beradaptasi dengan cara bekerja kawan gurunya di Helsinki. 


Ketika Timothy mulai mengajar kelas 5, ia mulai mencatat rahasia-rahasia di balik kesuksesan sekolah-sekolah Finlandia. Dalam buku ini, ia mengumpulkan semua temuan tersebut dan menjelaskan pada para pengajar, cara untuk mengimplementasikannya.
Secara garis besar langkah-langkah yang diidentifikasi Tim untuk mempromosikan kegiatan belajar yang menyenangkan, mengajukan 5 bahan kebahagiaan yaitu, : kesejahteraan, rasa memiliki (keterlibatan), kemandirian, penguasaan dan pola pikir.
Temuan yang bisa diimplementasikan ini dijadikan menjadi 33 strategi sederhana untuk kelas yang menyenangkan. Strategi yang diulas lumayan sederhana sebenarnya setiap guru pasti tidak akan kesulitan untuk mempratekkannya langsung.

Menurutku buku ini bagus banget buat referensi cara mengajar para guru kelas, contoh yang diberikan sederhana dan mudah untuk di praktekan. Semoga sistem pendidikan di negara kita Indonesia semakin baik, semakin memanusiakan muridnya. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam program ODOP (One Day One Post) Blogger Muslimah Indonesia bulan Oktober 2017
#ODOPOKT2

4 komentar:

Dian Restu Agustina mengatakan...

Wah, penasaran dengan buku ini..sudah sering lihat wara wiri di sosmed ..tapi saya belum baca juga..
Padahal saya kagum dnegan metode ngajar guru anak saya waktu SD di Amerika, Mbak..Lha ini guru Amerika malah kagum sama guru Finlandia. Berarti memang keren banget!

Dian Safitri mengatakan...

Wahhhh bukunya pasti keren banget ini. Secara Finlandia menjadi negara yang senang membaca nomor 1. Pasti metode pengajarannya menarik

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Wah sdh pernah ngrasain sekolah di luar negeri ya mbak, senengnya bisa bandingin. Aku jg penasaran awalnya ma buku ini akhirnya bisa baca dan tau perbedaannya

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Secara tampilan sih nggak keren tapi isinya pas banget buat para pendidik yg punya kelas. Yg dicontohin aplikatif banget.

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...