1 Nov 2017

SAINT ANYTHING

Akhirnya teracuni para bookstagramer, beli novel terjemahan terbaru terbitan Elexmedia. Untuk pertama kalinya diriku mencari buku terbitan terbaru di toko, dan ternyata memang rekomended banget ceritanya.



Judul Buku : Saint Anything
Penulis : Sarah Dessen
Alih Bahasa : Yunita Chandra
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 978-602-04-4773-5
Cetakan 1 : tahun 2017
359 halaman

Sydney hanyalah anak biasa, menganggap dirinya tak terlihat di mata siapa pun, terutama keluarganya sendiri. Peyton, kakak laki-laki Sydney, selalu menjadi segalanya. Hingga suatu hari mobil polisi mendatangi rumah mereka dengan membawa kabar tak terduga. Peyton terlibat masalah besar, dan pada akhirnya harus dipenjara. Semua pun berubah kacau.
Sydney terombang-ambing di tengah masalah yang datang bertubi-tubi, mencoba mencari tempat yang pasti di tengah keluarganya. Tapi semua orang terlalu mengkhawatirkan Peyton. Di tengah kebimbangannya, Sydney bertemu keluarga Chatam yang heboh, yang memiliki kehidupan berbeda dengan keluarganya, dan yang ternyata bisa membuatnya merasa diterima dan ‘terlihat’ untuk pertama kalinya.

Pertama kali baca buku dengan genre kehidupan remaja, membuatku jadi mengenang masa remajaku dulu (berapa belas tahun yang lalu ya....waduh keliatan umurnya deh). Serasa melayang kekehidupanku sendiri di masa itu, bagaimana gejolak emosi remaja. Bagaimana aku berusaha untuk mencari pengakuan di keluargaku sendiri bukan hanya nilai yang bagus saja yang aku punya. Emang nilai akedemisku termasuk bagus sih mulai dari SD sampai SMP tapi SMU mulai menurun mungkin memang saat-saat yang labil ya, mulai kenal namanya cinta-cintaan mendapatkan kenyamanan dengan orang lain yang melihat kita apa adanya.

Sydney seorang remaja perempuan belasan tahun, anak SMU yang menganggap dirinya biasa dan tak terlihat oleh siapapun bahkan di mata keluarganya. Dia berusaha untuk mencari tempat di mata keluarganya, berusaha untuk memulai komunikasi dengan mama tercintanya yang terlalu fokus dengan kakaknya Peyton dan papa tercinta yang terlalu fokus dengan pekerjaannya.

Langkah terbesar yang dilakukan untuk menarik perhatian kedua orang tuanya adalah kepindahannya di sekolah biasa dari sebuah sekolah paling elit di kotanya. Bagaimana dia beradaptasi dengan lingkungan baru yang berkebalikan 180 derajat dari sekolah lamanya. Akhirnya dia mendapatkan teman yang mengerti dia Layla, anak bungsu dari 3 bersaudara Chatam. Teman yang sangat mengerti bagaimana Sydney bahkan mereka punya kebiasaan yang sama selalu memperhatikan detail segala sesuatu. Dari keluarga inilah dia menemukan bagaimana hubungan keluarga yang hangat. Bagaimana keluarga ini saling mendukung satu sama lain saat ada salah satu anggota keluarga yang terpuruk.
Di keluarga ini Sydney juga mengenal cinta dengan seorang laki-laki kakak Layla, bagaimana 2 orang pendiam akhirnya menjalin hubungan. Bagaimana mereka saling mendukung satu sama lain menghadapi berbagai masalah yang dihadapai.

Adegan demi adegan digambarkan sangat manis disini, bagaiman cerita seorang Sydney menghadapi masalah demi masalah yang menghampirinya. Buku Sarah Dessen pertamaku, jadi semakin penasaran dengan karya yang lain. Gambaran kehidupan yang nggak terlalu jauh dari kehidupan sekitar kita.

Quote yang aku suka di buku ini ada beberapa sih:

Hal 344
Diwaktu kapan saja, ada begitu banyak kemungkinan bermabam kehidupan bersinggungan dan orang-orang berpapasan, bertemu, atau melakukan berbagai hal. Sungguh menakjubkan kita bisa meneruskan hidup ketika semuanya mengkin terjadi hanya karena kebetulan.

Hal 350
Ketika kau terbiasa melihat orang lain melakukan suatu hal, dan kau selalu mengganggapnya seperti itu. Lalu ketika mereka membuatmu terkejut, entah karena lebih baik atau lebih buruk, kenyataan itu bisa saja mengguncangmu.

Hal 355
Kau tidak akan tahu apa yang menanti di depanmu. Masa depan adalah sesuatu yang tidak bisa ditebak, karena masa depan belum mendapatkan kesempatan untuk terjadi. Sebelumnya kau hanya berjalan memasuki hutan yang gelap seorang diri, setelah itu pemandangan berganti dan kau menyaksikannya. Sesuatu yang menakjubkan dan tak terduga, nyaris mirip khayalan, yang tidak pernah kau kira akan ditemukan jika kau tidak terus berjalan. Seperti teman baru yang terasa seperti teman lama, atau kenangan yang tak pernah kau lupakan. Mungkin bahkan seperti komedi putar.

Novel ini lebih menitikberatkan masalah yang terjadi didalam keluarga dibandingkan dengan romansanya. Konflik yang terjadi saat sebuah keluarga memiliki anak yang menginjak remaja. Novel ini rekomen banget buat para orang tua, juga anak muda.


Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...