20 Jan 2019

Parenthink

"Karena Hanya Orangtua Cerdas yang Bisa Membimbing Anaknya Menjadi : Mandiri, Tangguh, Peduli dan Bertanggung Jawab"


Judul: Parenthink
Penulis: MonaRatuliu
Tahun Terbit: April 2016
Penerbit: Penerbit Noura Books
Jumlah halaman: 178 halaman
ISBN: 978-602-385-057-0

Mengasuh anak adalah pengalaman yang dinantikan banyak orangtua. namun, alih-alih bahagia, ayah dan bunda "pemula" sering kali justru stres, bingung dan berujung pada penerapan pola asuh yang salah. Begitu juga yang pernah dialami Mona Ratuliu. Sempat didera rasa frustasi saat mengasuh anak pertamanya, dia akhirnya sadar bahwa menjadi orang tua harus kaya ilmu. Dalam buku ini, Mona pun membagi pengalamannya dalam mengasuh ketiga anaknya. Dengan menerapkan ilmu parenting ala Indonesiayang digagas oleh Ki Hajar Dewantara sejak dulu, dia mengajak para orangtua untuk menjadi teladan bagi anak, membangun semangat dan memberi dorongan agar anak tumbuh menjadi manusia dewasa yang sesungguhny. Yuk, terus belajar bersama anak mulai sekarang!

Aku baca buku ini kayaknya agak telat ya, buku ini terbit pertama tahun 2015 dan aku beli pas udah cetakan ketiga. Tapi tetep ya ilmunya bermanfaat secara ilmu pengasuhan bahasa kerennya ilmu parenting itu akan tetep dibutuhin selama kita masih mengasuh anak-anak. 

Sedikit penasaran dari lihat pengarangnya seorang artis terkenal dengan bejibun kegiatan, kadang kalau syuting bisa seharian bahkan bisa harian. Bagaimana dari sisi seorang ibu yang punya kegiatan banyak dan punya anak remaja sepertiku mengasuh anak-anaknya (eh kebetulan anaknya juga 3 ...). Dan saat lihat bagian blurbnya dia belajar ilmu pengasuhan setelah anaknya besar. 

Terus terang diriku juga mengalami hal yang sama dengan anak pertamaku, aku belajar ilmu pengasuhan setelah dia umurnya sekitar 8 th itupun karena sekolahnya yang sering bikin acara parenting. Sudah banyak buku yang kubaca tentang parenting dan kebanyakan selalu nggak tuntas alias berhenti di tengah-tengah dan bingung mau prakteknya. 
Dalam buku ini bahasa yang dipakai tidak terkesan menggurui sama sekali bahkan diakhir setiap bahasan kita akan diajak untuk mengisi semacam kuisoner untuk mengenali pola asuh kita, untuk lebih memahami tentang materi yang dibahas sebelumnya. Bahasa yang dipakai santai banget dan aku enjoy bacanya sampai terakhir.

Yang paling berkesan adalah ilmu pengasuhan yang dipakai adalah ilmu asli Indonesia. Kita nggak sadar sama sekali kalau di Indonesia itu ada pakar ilmu parenting. Kita punya bapak pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara yang memberikan 3 teori terkenalnya. 
Terus terang ya kebanyakan ilmu parenting yang kubaca pasti referensinya dari luar semua, sedangkan pola hidup di Indonesia itu beda jauh dengan pola hidup kita. 

Mona memakai teori Ki Hajar Dewantara ini untuk mengasuh ketiga anaknya, dia menyiapkan anak-anaknya untuk mandiri, tangguh, peduli dan bertanggung jawab.
Sebenarnya setiap orang tua pasti menginginkan anak yang seperti itu juga, tapi mereka banyak yang belum tahu bagaimana tips dan triknya untuk menuju kesana.
Dalam buku ini dijelaskan secara runut untuk mencapai itu, apa yang musti dipersiapkan untuk menjadi tangguh, mandiri, peduli dan bertanggung jawab. 

Dalam buku dijabarkan bagaimana tips dan trik agar anak sanggup : 
- belajar kecewa dengan aman, karena dalam menjalani hidup pasti ada saat mengalami kekecewaan kadang anak-anak belum bisa melampiaskan kekecewaannya. 
- memilih dan mengambil keputusan yang rasional secara mandiri
Nah ini yang sering kita alami sebagai orang tua, kadang kita nggak sadar membuatkan pilihan untuk anak biar cepet dan baik nanti (itu menurut kita lo...), hal ini membuat anak jadi punya ketergantungan dengan kita sebagai orang tua padahal kita inginnya anak itu jadi mandiri. Disini akan banyak diberikan tips nya supaya anak bisa mengambil keputusan sendiri yang rasional, walaupun dalam prakteknya kita juga agak sedikit nggak sabar nih dihati ha  ha ha..(aku banget ini soalnya kadang nggak sabar nungguin mereka mikir, tapi sekarang dipendam di hati nggak sabarnya)
- berjuang untuk mencapai tujuan berdasarkan tipe anak
Setiap anak punya tipe tersendiri dalam karakternya. Ini diperuntukkan supaya anak jadi tangguh dalam kehidupannya kelak. Kita berikan cara sesuai dengan tipe anak-anak jadi nggak bisa disamakan nih perlakuannya. Diriku yang punya anak kembar aja bisa beda cara untuk membujuknya atau memberitahunya.
- mencari solusi dan bersepakat. 
Tips ini biar anak bisa semakin mandiri dan tangguh serta bertanggung jawab dari setiap pilihan yang dia buat.

Nah para ibu-ibu (soalnya yang nyari ilmu ini kebanyakan ibu-ibu sih....) selain baca di bukunya bunda Mona juga punya webnya dan dia membentuk komunitas orang tua nih namanya ParenThink kita diajak jadi ibu yang cerdas. Bukan cuma jadi ibu pinter ngasuh anak tapi juga cerdas dan melahirkan generasi cerdas juga pastinya.
Buku ini cocok buat semua ibu-ibu baik yang masih pemula ataupun yang sudah punya anak.


Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...