14 Feb 2019

Training Pendukung Hobi

Apa yang terbersit dari pikiran kalau ada kata Juragan? Juragan minyak, juragan beras kalau yang diingat julukan itu pasti yang terbersit orang yang perpenghasilan dari situ, kalau juragan minyak berarti pengusaha dalam bidang minyak dan berpenghasilan dari minyak begitu juga dengan juragan beras.


Tapi kalau aku bilang Joeragan Artikel kira-kira apa ya? apakah dia menguasai artikel dan berpenghasilan dari artikel? Yah Joeragan yang ini emang banyak hubungan ma artikel sih, tapi mereka lebih konsen dengan training tentang keahlian yang hubungannya sama artikel. 
Joeragan Artikel adalah sebuah agensi naskah sekaligus pusat pelatihan kepenulisan yang didirikan oleh Ibu Sri Kuswayati atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ummi Aleeya.
Nah Training atau pelatihan-pelatihan yang diadakan Joeragan Artikel ini nggak jauh dengan dunia kepenulisan dan lebih dikhususkan untuk para perempuan.

Diriku yang merasa perempuan dan juga emak-emak nggak mau kalah buat nambah ilmu dong. Sayang banget ketemu dengan pusat pelatihan yang mengkhususkan buat kaum Hawa dan online pula kalau dilewatkan. Walaupun aku cuman ibu rumah tangga tetep pingin mengembangkan diri masa cuman dunia dapur aja yang dikuasai apalagi di jaman milenial gini yang semuanya serba mobile. Kita nggak perlu keluar rumah, nggak perlu menyediakan waktu khusus sampai berhari-hari atau bahkan bertahun-tahun buat nambah ilmu buat pengembangan diri. 

Aku punya hobi baca buku apa aja yang penting pas dihatiku alias sreg gitu. Karena pingin banget membuat hobiku alias kesukaanku ini menghasilkan nyari-nyari solusi nih, buka beberapa situs media sosial yang ada. 
Dan ketemu status tentang training kelas resensi buku. Kebetulan banget nih aku pingin belajar gimana menceritakan buku yang kita baca ke banyak orang dan ternyata itu juga menghasilkan. Selama ini buku hanya sekedar kubaca kalau nggak males bikin review sekedarnya di IG biar ramai atau di blog kalau emang mau cerita lebih banyak tentang buku yang selesai aku baca. Awalnya kupikir tuh antara review buku dan resensi buku itu sama ternyata banyak perbedaannya. 


Kelas ini di gawangi salah satu mentor di Joeragan Artikel yang punya pengalaman tentang resensi buku di beberapa koran di Indonesia. Dan setiap resensi yang dibuat dia dapat menghasilkan pemasukan walau nggak banyak sih tapi dia juga mendapatkan buku gratis dari penerbit buku nasional. Bisa dibayangin nih punya buku tanpa harus mengeluarkan uang kita malah dapat uang dari menceritakan tentang isi sebuah buku.
Kelas diadakan di grup tertutup Facebook dengan masa pendampingan yang lumayan lama loh 14 hari. Trainingnya sih cuman 3 hari tapi pendampingannya itu lo yang panjang sampai kita bisa kirim ke koran atau majalah. Nggak cuman di jelasin dan diberi materi tapi praktek dan pendampingan sampai kita bisa kerjasama dengan penerbitnya. Dan ternyata pesertanya itu banyakan sudah emak-emak lo (hi hi hi..) mereka semangat semua buat belajar penulisan resensi ini. Aku masih inget banget resensiku sampai di revisi 2 kali sama mentornya. Mentor yang sabar buat neliti tulisan emak-emak yang kebalik-balik karena kadang nulisnya bersambung harus menyelesaikan pekerjaan lain disaat nulis. 
Soo siapa bilang emak-emak cuman bisa didapur mereka tetep bisa sekolah walaupun hanya dirumah saja. Jadi tambah ilmu tapi pekerjaan rumah tetep beres.

Selain pendampingan yang lumayan panjang dan sabar dari para mentornya banyak banget keuntungan ikut training di Joeragan Artikel ini. Kita di beri kesempatan untuk mendapatkan penghasilan lebih dengan kerjasama bareng alumni Joeragan Artikel. Karena selain memberikan training mereka juga ada bisnis yang dijalani para alumninya. 

Sebenarnya selain training resensi buku ini Joeragan Artikel juga punya banyak training lain yang diperuntukkan buat para perempuan.
Ada training Gampang Bikin Artikel, Gampang Jebol Media, Training Antologi, Kelas Editor, Kelas Review, Training Reportase dan masih banyak lagi. 
Kelas-kelas ini pas banget buat para perempuan yang ingin mengembangkan diri apalagi mentornya berpengalaman sesuai dengan keahlian masing-masing. 
Pokoknya ikutan training di Joeragan Artikel ini nggak akan rugi deh soal harga nggak terlalu mahal apalagi kalau pas ada diskon wuih bisa banget di kantong emak-emak tanpa penghasilan gini dengan menyisihkan uang belanja.

12 komentar:

Emakmbolang mengatakan...

Aku hobi baca tapi nggaks semua tipe buku. lebih suka uku perjalanan dan novel saja. Pun Novelnya nggak semua novel, ada genre tertetu saja yang aku baca.

Tinneke Indrawati. S. mengatakan...

Hobi jadi penghasilan itu yang perlu dan seru.

Tinneke Indrawati. S. mengatakan...

Hobi jadi penghasilan itu yang perlu dan seru.

Andi Nitha Nahfiah mengatakan...

Iya mbak dari hobi membaca, buat resensinya, kirim ke media, nanti dapat honor yang bisa buat beli buku lagi

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Aku moody bacanya mbak nggak satu genre khusus. Selama isinya menarik aku suka bacanya.

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Yup lagi berusaha keras buat terus praktekin ilmunya

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Iya bunda lagi terus belajar praktekin ilmunya. Soalnya belum jebol resensinya yg dikirim

Unknown mengatakan...

Joeragan Artikel selalu di hati. Recomend banget buat para emak, belajarnya cukup dari rumah.

Ruhama Azmi mengatakan...

Alhamdulillah ikut training menulis di JA enak ya mba

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Betul

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Betul

Griya Muslimah Bogor mengatakan...

wah, sudah banyak ya training yg pernah diikuti

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...