12 Mei 2019

Merawat Kulit Kering

Sebagai wanita pasti sangat konsen banget nih perawatan kulitnya. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Banyak banget perawatan yang dilakukan untuk kulit mereka. Aku sendiri yang jadi perempuan juga bingung saking banyaknya produk perawatan buat kulit. Dan diriku adalah termasuk orang yang cuek ma perawatan kulit sendiri (diprotes ma paksu baru deh niat he he he...).

Sebelum perwatan pastinya kita harus tau dong jenis kulitnya. Jenis kulit dibagi menjadi 5, yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif dan kulit kombinasi. Alhamdulillahnya kulitku termasuk yang normal sih walaupun kadang masih ada timbul jerawat dalam keadaan tertentu atau komedo.
Dulu kulitku cenderung kering agak mengganggu sih, dengan perawatan yang benar sekarang sudah normal.

Bagaimana sih ciri-ciri kulit kering itu? 
Berdasarkan laman hellosehat.com kulit kering itu mempunyai ciri-ciri cenderung kasar, bersisik dan gatal. pori-pori dan garis-garis terlihat jelas. Pengikisan sel-sel kulit yang mati dapat terlihat dengan jelas di permukaan kulit. Kulit menjadi lebih kasar dan bersisik ketika udara kering dan membersihkan dengan sabun yang kuat. Saat di ruangan ber AC akan semakin terasa keringnya.

Beberapa tips yang bisa dilakuin untuk merawat kulit kering (dari laman www.hellosehat.com ) :

1. Mandi atau kompres air hangat tapi tidak boleh terlalu lama. Kenapa harus air hangat? Air panas dapat melucuti minyak alami tubuh. Dermatologis merekomendasikan mandi air hangat tidak lebih dari 5-10 menit. Alternatifnya bisa mengompres bagian yang bersisik dengan air hangat menggunakan waslap bayi (ingat selalu gunakan waslap baru tiap menggunakannya)

2. Gunakan Sabun Pembersih Yang Tepat
Beberapa produk perawatan wajah atau tubuh bisa menjadi keras saat dipakai terutama untuk kulit kering. Jika kulit terasa kencang dan kering setelah kita mencuci memakai suatu produk perawatan berarti, produknya kurang sesuai dengan kondisi kulit kita. Pilih produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfat, sebaiknya produk tanpa pewangi dan pewarna dan diberi label moisturizing.

3. Keringkan Tubuh Dengan Baik
Berpikiran dengan meninggalkan sedikit air dikulit akan membuat kulit lebih lembab itu salah, karena saat air menguap dengan sendirinya malah akan meninggalkan kulit lebih kering dari sebelumnya. Untuk itu selalu keringkan kulit dengan baik. Hindari handuk yang kasar, karena membuat rusaknya kulit luar disebabkan gesekan permukaan kasar dengan kulit. Selalu gunakan handuk yang mempunyai permukaan lembut.

4. Oleskan Pelembab Yang Tepat.
Oleskan pelembab yang sedikit tebal minimal 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Pilih pelembab yang ringan yang nonkomedogenik. Kalau suka pelembab yang sangat melembabkan pilih produk yang mengandung shea butter, ceramides, asam stearat, atau gliserin. Jika kulit tetap kering sepanjang hari, penggunaan pelembab dapat di ulangi beberapa kali. Hindari menggunakan toner atau astringent berbasis alkohol, karena dapat menarik keluar kelembaban kulit.

5. Oleskan Petroleum Jelly
Petroluem jelly bekerja baik untuk mengunci kelembaban dan membantu meringankan kekeringan kulit. Petroluem jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembaban di kulit. Karena bentuknya yang yang kental dan lengket membuat kita enggan memakainya. Kita bisa ganti dengan penggunaan minyak organik, seperti minyak zaitun, minyak almond atau minyak kelapa. Mereka cenderung lebih baik memerangkap kelembaban kulit dibanding pelembab yang ada di pasaran.

6. Berendam Susu
Kalau kulit terlalu kering bisa dilakukan ini, atau cukup mengompres di bagian wajah menggunakan susu dingin sekitar 10 menit. Lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu dapat berfungsi sebagai pembersih wajah ringan yang dapat membantu melembabkan kulit.

7. Membuat Masker Sendiri
Hindari menggunakan feeling yang bertesktur kasar, dan masker tanah liat karena dapat menarik kelembaban kulit.
Sebagai gantinya bisa buat masker sendiri, misalnya masker alpukat madu. Kombinasi alpukat dan madu dapat bertindak sebagai sterolin dan humektan yang mampu mengobati kulit kering. Bisa juga pakai masker pisang dan yogurt, masker ini tidak hanya melembabkan kulit tapi juga membersihkan sel-sel kulit mati. 

8. Oleskan Tabir Surya
Kerusakan matahari adalah salah satu penyebab kulit kering bersisik, kasar keriput yang paling umum. Anda dapat membantu mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir surya ber-SPF 30 setiap kali akan keluar. Saat cuaca yang dingin, untuk menghindari bibir kering bisa dioleskan dengan lip balm yang mengandung SPF 15.

Itu beberapa perawatan yang dapat dilakukan dengan orang yang memiliki kulit cenderung kering. 

2 komentar:

Niklosebelas mengatakan...

Terima kasih tips nya, sangat bermanfaat

Siwilih Nurdayati mengatakan...

sama-sama

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...