14 Mei 2019

Sikat Gigi Dan Puasa


Sudah seminggu lebih kita berpuasa, perjalanan masih panjang belum ada sepertiga sista. Tapi alhamdulillah sampai hari ini belum bolong, begitu juga si kembar meskipun musti berpanas-panasan saat sekolah.

Ini si duo sering ribut soal sikat gigi, antara boleh dan nggak boleh kalau pas sore hari saat mandi. Akhirnya si ibulah yang jadi penengahnya, bisa nggak habis-habis itu debatnya. Mari kita duduk bertiga dan cari literatur tentang hukum sikat gigi saat puasa dan bagaimana melakukannya saat puasa.

Ok ketemu di web Konsultasi Syariah tentang hukum sikat gigi saat puasa :
Gosok gigi itu dianjurkan, dalam setiap keadaan baik saat puasa maupun tidak. Demikian pula boleh menelan ludah setelah bersiwak kecuali kalau ada sisa makanan maka harus dikeluarkan. Sebagaimana orang yang puasa kemudian berkumur, dia mengeluarkan air dari mulutnya, setelah itu boleh menelan ludahnya, dan tidak harus mengeringkan mulutnya dari air yang digunakan untuk berkumur.
Jadi dapat disimpulkan boleh sikat gigi atau bersiwak baik siwak kering maupun basah, apabila ada sisa makanan ya harus dikeluarkan.

Terus kapan tepatnya kita bisa bersikat gigi saat puasa?
Tepatnya saat sebelumtidur setelah berbuka dan setelah sahur, pada saat kita sudah berbuka. Hal ini menghindari tertelannya air ke dalam tenggorokan kita yang akhirnya masuk ke perut.
Dari laman Hellosehat.com diberikan beberapa tips menjaga kesehatan gigi saat berpuasa, yaitu :
1. Raih semua bagian gigi dengan sikat
    Menyikat gigi di 3 bagian, yaitu : permukaan bagian dalam, permukaan luar dan gigi bagian yang mengunyah.
2. Jangan langsung berkumur
    Lah kok nggak boleh sih. Pada dasarnya berkumur membersihkan dan mengurangi efek zay fluoride pada sisa pasta gigi, sehingga penggunaan pasti gigi tidak maksimal. Diamkan kurang lebih 5 menit saja.
3. Gunakan benang gigi
    Sambil menunggu efek kerja fluoride kita bisa membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus untuk gigi. Benang gigi mampu membersihakan sisa makanan disela gigi yang seringnya tidak terjangkau oleh sikat gigi. 
4. Gunakan obat kumur
    setelah menyikat dan membersihkan sudah selesai kita bisa menggunakan obat kumur yang mengandung flouride untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Jauhi obat kumur yang mengandung alkohol. Kita bisa menggunakannya saat setelah sahur jadi bau mulut kita jadi lebih harum.

Akhirnya sesi debat di kembar berakhir dan digantikan dengan manggut-manggut berdua. 
 

Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...