6 Mei 2019

Ada Apa Dengan Buka Bersama


Wah......nggak kerasa aja sudah bulan Puasa aja. Bulan yang selalu dinanti seluruh umat Islam di dunia. Banyak banget kegiatan yang dilakukan diluar kebiasaan harian kita. Ada yang istilahnya ngabuburit, ada buka bersama diluar rumah. Biasanya yang hanya makan diluar seminggu sekali plus jalan-jalan, sekarang bahkan bisa tiap hari.

Hayo yang punya banyak teman pasti menantikan nih namanya buka puasa bersama. Undangan buka puasa bersama yang akan bertebaran di meja kita atau di media sosial. Buka bersama bareng sekolah, kuliah, kerja bahkan komunitas yang kita ikuti. Saking banyaknya undangan sampai tanggalan penuh dengan undangan buka bersama diluar. Nah dari kegiatan buka puasa bersama pasti ada sisi positif dan negatifnya.
Keuntungan yang didapatkan pastinya kita semakin banyak relasi, banyak pengalaman yang kita peroleh dengan saling bertukar cerita.

Kira-kira kerugiannya apa ya?
Kalau aku sih jadi membuat anggaran makan jadi membengkak. Gimana nggak bengkak kalau biasanya masak sendiri cukuplah beli bahan masakan untuk satu rumah buat menu buka dan sahur, nah kalau kita ikut BukBer kita musti bayar iuran belum kalau ngajak anggota keluarga lainnya berarti harus bayar lagi.
Selain anggaran makan yang jadi membengkak kita juga kurang bisa menikmati kekhusukkan bulan penuh berkah ini. Kita yang biasanya baca AlQuran sesaat sebelum waktu buka, kalau kita ikut acara buka musti datang paling tidak setengah jam sebelum buka belum setelahnya kita juga nggak langsung bisa pulang pasti ada acara ramah tamah bareng dengan yang lainnya.
Yang terakhir pastinya waktu ita bareng keluarga juga berkurang apalagi kalau undangannya berderet rapi.

Nah.... dari kedua sisi yang tadi (itu menurut pandangan aku pribadi ya?) gimana nih kita menyikapi berderetnya undangan buka bersama biar bisa ambil sisi positifnya?
Kita nggak bisa terus menghindari untuk mendatangi acara buka bersama, kita tetap butuh bersosialisasi dengan teman. Apalagi kalau acara buka bersamanya ditambah dengan kajian Agama, kita akan mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat. Semua undangan yang ada nggak harus didatangi semua

Menurutku yang kita lakukan saat mendapatkan undangan buka bersama yang berderet itu kita sortir alias kita pilih. Mana undangan yang sekiranya kita bisa hadiri bareng anak terutama buat ibu-ibu kayak aku, atau kalau memang harus pergi sendiri cari waktu yang kita bener-bener bisa hadir dan stay sampai acara selesai.
Saat Ramadhan adalah saatnya kita perbanyak ibadah. Acara buka bersama adalah satu ibadah menjalin silahturahmi dengan sesama muslim.

Jadi bagaimana menurut kalian, apa yang kita dapatkan dari acara buka bersama?

2 komentar:

Rizky Ayu Nabila mengatakan...

Bener banget, buka bersama membuat dompet bengkak. Biasanya sih aku cuma nerima bukber dari temen yang emang udah lama gak ketemu...

Btw, mampir balik yaa mbak ^^

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Ternyata sepemikiran kita...
siap jalan-jalan ke blog kak Rizky btw makasih ya udah mampir

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...