15 Jun 2019

Kelas Masak Kreasi Sasa di NCSA Surabaya


Sudah 2 tahun tinggal di Surabaya alhamdulillah bisa ikut beberapa komunitas baik sesuai dengan hobiku dan sesuai dengan kegiatanku sebagai ibu-ibu. Salah satu komunitas yang kuikuti adalah WBI (Wajah Bunda Indonesia), kali ini mereka ngajakin buat kelas masak gratis dan alhamdulillah bisa ikut.

Kali ini kelas masaknya diadain di NCSA (National Culinary Service Academy), sebuah sekolah memasak didaerah Surabaya Barat. Selama di Surabaya terus terang baru kali ini masuk sekolah masak (kayaknya emang pertama kali yak... bukan cuman di Surabaya aja), secara kayak lihat tempat master chef beneran. 
Sayang sih nggak sempat foto-foto tempatnya, saat masuk ruangan pertama kali langsung disambut ruang penerima tamu yang nyaman. Ruangannya penuh dengan pernik-pernik yang nggak jauh ma dunia masak-memasak. Buat yang kepo dengan NCSA atau ingin belajar masak lebih mendalam bisa langsung kepoin di IG mereka ya @ncsa_indonesia
Khusus hari ini di bagian penerima tamu diberi meja khusus untuk display produk sasa. Terus terang ada beberapa produk dari sasa yang masih asing untukku atau masih jarang di pasaran.

display produk sasa


Tepat pukul 10 pagi acara dimulai dengan demontrasi semua menu hari ini oleh chef yang bertanggung jawab hari ini. Kali ini kita masak bareng chef Rendy atau lebih dikenal dengan chef Kong, biar lebih mudah diinget katanya karena badannya yang besar seperti kingkong (bener juga sih kalau kita taunya Rendy akan mudah lupa tapi kalau kong langsung inget deh...).
Kali ini kita akan berkreasi sasa dengan 3 menu masakan, chicken salted egg (ayam saus telur asin), sup dumpling dan sambal bawang putih.

2 masakan yang bagiku susah ternyata lebih mudah semua dengan adanya beragam produk dari sasa. Cara penyampaian chef Kong yang mudah dipahami dan beberapa trik dalam memasak bikin daku manggut-manggut. Bagaimana bikin sambal bawang yang tiap hari aku masak bikin ketagihan yang makan. Ada satu bumbu yang aku baru tahu nih minyak bawang, dan ini adalah bumbu dihampir setiap masakan (kayaknya musti bikin buat persiapan masakan harianku, lebih mempermudah).

Setelah chef Kong mendemontrasikan masakan dalam menu, sekarang saatnya semua peserta mempraktekannya. Kali ini kelas dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 5-6 peserta. Dan kali ini aku kebagian bikin saus telur asin, akhirnya aku bisa nih bikin ala resto. Kita masak 2 menu utama saja yaitu ayam saus telur asin dan sup dumpling untuk sambal sudah disiapkan saat demontrasi tadi. 

suasana kelas dan foto team plus chef Kong


Masakan sudah selesai semua kita menata secantik mungkin untuk dinikmati bersama. Selesai memasak bertepatan dengan waktu makan siang, kita menikmati masakan tiap kelompok bahkan sampai ada yang bisa bungkus bawa pulang. 
hasil masakan teamku


Belajar masak sudah, dapat tips dan trik memasaj juga sudah tambah makan siang juga dan ternyata masih ada yang kita dapetin dari sasa. Apron buat masak boleh kita bawa pulang, masih ada goodie bag produk sasa dan sertifikat dari NCSA.

goodie bag dari sasa
sertifikat
Kayaknya akan ketagihan kelas masak gratis nih kita. NCSA lagi banyak buka kelas gratis bareng sasa untuk komunitas yang menginginkan. Mereka membolehkan kita buat mengajak teman untuk bisa masak bareng dengan jumlah peserta 25 orang. 

Dulu sasa yang hanya dikenal sebagai produk penambah rasa sekarang mengeluarkan berbagai macam bumbu, bahkan ada santan dan tepung bumbu. Selain bumbu berbagai masakan juga ada saos siap saji. 
Sasa membuat kita yang nggak bisa masak jadi chef kebanggaan keluarga, terutama seperti diriku ini. Apalagi dengan adanya kelas masak jadi banyak tahu kreasi masakan ala sasa yang kita kenal. Dengan adanya sasa kita bisa bawa masakan restoran ke meja makan kita tanpa harus membayar mahal. Kayaknya daku musti nyetok banyak produk sasa dirumah biar lebih bisa masak berbagai menu buat keluarga.



9 komentar:

Monica Anggen mengatakan...

NCSA ini bukannya yang ada dekat Marina Plaza ya? Dulu waktu masih tinggal di Surabaya kayaknya pernah lihat deh. Benar tidak sih?

Visya Al Biruni mengatakan...

Waah seru ya mom. Aku juga kepnegn banget nih ikut cooking Class tapi belum kebuka jalannya hehe kira kira Saya buka free cooking Class di Jakarta kg yaa? Hehe

Fenni Bungsu mengatakan...

Kreasi sasa ini memang membuat masakan apa aja jadi lebih berselera. Wah Bunda Nara makin mantap nih masaknya karena sudah ikutan cooking class

ajeng pujianti lestari mengatakan...

Aku suka pakai tepung bakwannya sasa, enak dan kriuk. Renyah gitu.

Nia K. Haryanto mengatakan...

Wah seru dan bermanfaat banget deh acaranya. Sebagai perempuan yang gak bisà masak, kepengen banget deh saya bisa ikutan acara kayak gini. Biar nambah skill dan menu masakan yang bisa dibuat untuk keluarga di rumah :)

Miranti | jendelakeluarga.com mengatakan...

Wah baru tau ada akademi khusus kuliner kayak gini. Seru pasti dan pastinya terarah ya

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Asik banget nih bisa ikut acara masak-masak kayak gini, apalagi bareng sama teman-teman.

Diah Alsa mengatakan...

Asyik banget ya Mbak bisa belajar masak langsung dari Chef gitu. Pasti bakalan ketagihan nih sakmasaknya ;)

Irra Octaviany mengatakan...

Seru banget mbak bisa belajar masak lamgsung dari chefnya. Aku juga lagi kepikiran belajar masak secara profesional nih. Siapa tau kan bisa ikutan master chef. Hihi.

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...