4 Jul 2019

Anak Perempuan Yang Sudah Sudah Bukan Anak-anak


Kali ini dapat tantangan buat menceritakan tentang diri sendiri lagi. Kenapa aku bilang lagi? dulu aku pernah memposting tentang diriku di blog karena tantangan juga sih bisa baca di link siapa aku. Yang aku ceritakan sebenarnya sih masih sebagian kecil, tapi bagiku itu sudah membuka tentang diriku.

Disini aku mau bercerita tentang arti nama yang diberikan kedua orang tuaku. Kalau dilihat dari namaku keliatan banget kalau aku itu orang Jawa tulen yak. Ya memang aku orang Jawa la wong asli desa Gilang, kecamatan Ngunut, kabupaten Tulungagung, Propinsi Jawa Timur. Lengkap nggak tuh daerah asalku, bagi yang belum tau dimana itu kalian bisa langsung kepo di maps yak, insyaallah akan ketemu. Jadi aslinya ya aku itu emang wong ndeso terpencil lagi ha ha ha... Kenapa dibilang terpencil karena menurut suamiku kalau ke rumahku itu transportasinya lumayan susah, emang iya sih walaupun nggak jauh dari jalan propinsi tapi jarang angkutan umum yang lewat. Yang paling gampang itu kalau pakai kereta api sih, karena rumahku nggak jauh sama stasiun. Ok kita stop soal kampung halamanku ya, walaupun terpencil tapi aku tetap mencintainya.


Balik ke arti namaku Siwilih Nurdayati itu secara penuh bisa diartikan anak perempuan yang menjadi contoh dan pembawa cahaya petunjuk bagi keluarga. Eh dua kata bisa segitu panjang artinya ya..
Ok ternyata 2 kata dari namaku itu mengandung beberapa penggalan kata dengan 4 arti.
Siwilih itu dari kata Siwi dan Sesulih ; Siwi itu artinya anak perempuan sedangkan sesulih artinya contoh. Sedangkan Nurdayati itu dari kata Nur yang artinya cahaya dan Dayati dari kata hidayah yang berarti petunjuk atau bimbingan. 

Dan anak perempuan yang jadi contoh serta pembawa cahaya hidayah  bapak ibuku sekarang sudah bukan anak-anak lagi tapi sudah jadi ibu. Anak perempuan yang dulu termasuk bandel, suka main nggak pulang-pulang, suka teriak-teriak nggak jelas, yang di juluki rayap buku bapak sekarang sudah jadi ibu-ibu. Jadi ibu dari 3 anak yang sudah nggak imut lagi tapi membuatku bangga jadi seorang ibu. Seorang ibu dari seorang anak perempuan yang sudah menginjak remaja bercita-cita jadi psikolog (aamiin smoga tercapai ya nak). Seorang ibu dari si kembar walaupun cowok tapi sedikit manja, dan pemalu.

Setiap nama yang tersematkan selalu mengandung do'a yang terbaik dari orang tua. Walaupun nama sederhana tapi penuh akan makna. 

5 komentar:

Han mengatakan...

Oh ini namanya ka Siwi...
*kabur

langkahkakimawar mengatakan...

Assalamualaikum bunda

yuliana mengatakan...

Hai mba siwi, salam kenal...
Semoga cita-citanya tercapai ya.. :)

Sulizlovable mengatakan...

Jadi ibu itu indah, Mbak Siwi :)

Salam kenal ya :)

Meywa23 mengatakan...

Salam kenal bunda...mantep dah ahh anaknya udah 3 tapi semangat nulisnya anti kendoor...

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...