6 Agu 2019

Menguak Misteri Masa Lalu


Judul : Dark Memory
Penulis: Jack Lance
Pengalih Bahasa : Tika Sofyan
Tahun Terbit: Maret 2016
Penerbit: Bhuana Sastra
Jumlah halaman: 338 halaman
ISBN: 978-602-394-368-5

Monster itu merentangkan sayapnya. Mengangkat tubuhnya dan terbang. Ia menjadi mangsa makhluk itu; ia diambil oleh kekuatan gelap. Semakin tinggi, semakin tinggi lagi ia berada di langit gelap. Ia mengira monster itu akan membawanya keluar dunia dan masuk ke dalam tempat persembunyiannya, ke dalam sarangnya, di mana tulang-tulangnya akan membusuk di antara sisa-sisa mangsa lainnya.
Rachel Saunders menghadiri pemakaman Jenny Dougal, sahabat baiknya yang meninggal karena kecelakaan tragis. Namun tak lama setelah pemakaman, ia sendiri menghilang secara misterius. Karena khawatir, Jonathan Lauder, kekasih Rachel terbang ke Scotlandia untuk mencarinya.
Tiga hari kemudian, Rachel muncul kembali. Tetapi ia mengalami amnesia jangka pendek dan tak bisa mengingat apa pun selama tiga hari sebelumnya, hingga minggu-minggu terakhir sebelum dirinya menghilang. Namun satu hal yag ia yakini, Jenny belum meninggal. Sahabatnya itu masih hidup. Ia ada di suatu tempat, dan Rachel merasa harus segera menemukan dan menolongnya, sebelum terlambat!
Jonathan dan Rachel berusaha mencari tahu dan merekontruksi hari-hari saat Rachel menghilang, demi mencari kebenaran mengenai Jenny, dan mencari penyebab Rachel kehilangan ingatannya.
Namun, apa yang Rachel temukan adalah teror yang sungguh menakutkan. Mimpi-mimpi buruk tentang monster berwajah serigala mengerikan menghantui malam-malamnya.
Satu-satunya jalan bagi Rachel untuk bertahan hidup, dan mungkin untuk menyelamatkan Jenny adalah dengan menyingkap tabir gelap masa lalunya....

Novel thriller pertama yang kubaca setelah sekian lama tidak menyentuh genre ini. Karya Jack lance pertama yang kubaca dan ternyata semua isi ceritanya tidak terduga sama sekali.
Terus terang aku memilih novel ini dari banyaknya tumpukan buku di even bazar karena melihat covernya hitam dengan sepasang mata monster dan bayangan putih wanita sedang berjalan dan sedikit kangen dengan novel genre ini. Dari cover bisa dibayangin ini petualangan seorang wanita mencari sisi masa lalunya yang kelam dan berhubungan dengan sesosok monster. Awalnya aku mengira novel ini ceritanya akan berhubungan dengan dunia supranatural, ternyata jauh banget lebih ke psikologis dan investigasi jurnalistik.

Sesuai dengan covernya novel ini memang bercerita tentang perjuangan seorang wanita, Rachel Saunders yang kehilangan ingatan masa lalu yang kelam yang berhubungan dengan monster berkepala serigala, dan berusaha untuk mengingat kembali.

Sahabat yang meninggal saat menjalani hobinya yang sudah dikerjakan bertahun-tahun dan termasuk ahlinya itu rasanya mustahil dan membuat Rachel bertanya-tanya dalam ketidak percayaan. 
Karena rasa penasaran yang dalam atas kematian sahabatnya Jenny Dougal membuat Rachel harus mengalami kejadian yang menakutkan dan membuatnya kehilangan ingatan jangka pendeknya. Tapi dia memiliki seorang kekasih yang selalu mendukungnya untuk menggali ingatan yang terlupakan selama dia menghilang 3 hari setelah pemakaman sahabatnya. Sang kekasih Jonathan Lauder selalu mendampingi setiap langkah yang diambil Rachel, walaupun dia juga punya keyakinan sendiri bahwa beberapa pemikiran Rachel tidak masuk diakal tapi tetap mendampingi dan memberikan masukan untuk langkah yang diambil kekasihnya. 
Langkah Jonathan yang bikin aku salut ya ini selalu mendukung setiap langkah sang kekasih meskipun dia juga meragukan keyakinan Rachel bahwa sahabatnya masih hidup. Dia berusaha tetap berpikiran secara logis dan mengambil langkah untuk selalu menjaga Rachel dari segala kemungkinan terburuk.

Latar belakang pekerjaan mereka berdua sebagai seorang jurnalistik membawa ke beberapa kejadian masa lalu dan menemui banyak orang sebagai nara sumbernya. 
Mereka berdua yang awalnya hanya ingin mengetahui apa yang terjadi selama Rachel menghilang dan menguak tentang keyakinan bahwa sang sahabat masih hidup, akhirnya menguak tabir yang terpendam selama hampir belasan tahun. Termasuk kejadian di masa lalu Rachel yang berusaha dia lupakan dan hindari, kejadian yang membuat dia selalu mengalami mimpi buruk. Dengan terkuaknya semua masa lalu Rachel membuat dia bisa menghadapi semua traumanya.

Terus terang cerita tentang Rachel dan masa lalunya ini di luar dugaanku semua, dan membuatku bilang ehhh kok jadi gini ceritanya. Aku suka latar tempatnya di Skotlandia yang terkesan gelap, misterius jadi bisa merasakan jalan-jalan di kota-kota kecilnya, di hutan dan gunungnya (dari dulu suka sih setting di Scotlandia yang terkesan misterius).

Kadang kita nggak menyadari perbedaan antara kenyataan dan bayangan. Kejadian masa lalu yang menakutkan kebanyakan kita akan berusaha untuk melupakan dan emngubur dalam-dalam. Tanpa kita sadari justru kejadian itu akan terus menghantui setiap langkah dalam kehidupan, mungkin jalan terbaik adalah berusaha berdamai dengan kejadian itu. Berat memang tapi itu akan lebih meringankan perjalanan hidup kita berikutnya.

Sedikit pembelajaran yang dapat kupetik dari novel ini kita harus menerima seberapa buruk kejadian yang kita alami.




Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...