1 Des 2018

5 Tips Sehat Ala Bunda Narafid


Hidup sehat, apa hayo yang akan terbersit dikepala kita? Kalau dikepalaku sih terbersit sehat itu berarti nggak ada gangguan baik di badan atau di kejiwaan dan social kita. Jadi sehat itu nggak hanya di badan tapi juga di jiwa dan sosial kita pastinya.
Dengan sehat hidup kita akan nyaman dan produktif pastinya. Dan aku sebagai ibu sebagai adalah penanggung jawab buat menjaga kesehatan seleuruh keluarga. Walaupun sebenarnya kesehatan adalah tanggung jawab pribadi masing-masing. Tapi sebagai seorang ibu pasti paling tahu keadaan semua anggota keluarga, baik kesehatan jasmani maupun rohani.
Dengan seluruh anggota keluarga yang selalu sehat membuat hati seorang bunda lebih tenang dan bahagia.

Jadi ini 5 tips sehat ala bunda Narafid :

     Perbanyak minum air putih.

Ini cara yang paling gampang buat jaga kesehatan. Sebagian besar dari kita pasti sudah tau dong arti pentingnya air bagi tubuh kita. Terus terang anak-anakku itu paling susah buat banyakin minum air putihnya. Jadi musti sering buat ingetin juga, alhamdulillah sekarang mereka dah mulai sadar kalau minum air putih itu penting. Mereka mulai sadar saat sakit demam bahwa dengan perbanyak air putih akan mempercepat penurunan demamnya. Karena mereka itu paling tidak suka sakit, tidak bisa main dan sekolah. Mungkin berat buat selalu ingetin diawal tapi lama-kelamaan mereka juga terbiasa dan tau manfaatnya lewat kejadian langsung.

     Komunikasi antar anggota keluarga

Kegiatan berkomunikasi inilah yang selalu kujaga untuk membuat ikatan antar anggota keluarga. Bagiku ini salah satu cara untuk menjaga kesehatan rohani dan sosial. Biasanya aku selalu menanyakan kegiatan harian anak -anak dan suami. Berhubung salah satu anakku ada diluar kota alias tinggal terpisah denganku, aku berkomunikasinya lewat telpon atau kalau memungkinkan kami menjenguknya. Kami sering bercanda saat menonton tv bareng atau saat makan bersama. Kadang sebelum tidur kalau anak-anak belum ngantuk bener juga kami ajak ngobrol.

       Menjaga asupan makanan

Nah tips ini kayaknya hampir semua bunda pasti melakukannya. Aku yang juga bekerja diluar saat ini kadang tidak sempat masak sendiri, akhirnya beli masakan jadi. Kadang kalau bener-bener nggak sempat biasanya suami yang nyediain. Ini pentingnya komunikasi antar anggota keluarga saat kerjaan istri nggak terhandle suami ikut bantuin. Untuk masakan jadi kita selalu usahakan beli di tempat yang bersih dan juga masakan yang bervariasi. Kalau memang badan dan waktu bisa selalu kuusahain untuk masak terutama masakan kegemaran anggota keluarga.

     Mengajak rekreasi

Nah kalau ini nggak selalu kami lakukan tiap minggu sih, tapi selalu diusahakan saat waktu ada. Sebenarnya rekreasi nggak usah jauh-jauh juga sih, baca buku juga rekreasi kadang mainan game juga rekreasi bagiku. Kami memberikan rekreasi dengan main game di HP saat libur beberapa jam sehari. Kadang kami menyuruh mereka untuk pergi main bareng teman-temannya. Bagiku ini bisa menjaga sehat jiwa dan sosialnya setelah selama seminggu berkutat dengan pelajaran sekolah yang lumayan banyak.

    Menjaga kebersihan lingkungan

Kami sekeluarga menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan sistem pembagian tugas. Jadi menjaga kebersihan lingkungan rumah jadi tanggung jawab semua anggota keluarga.

Kesehatan kami jadi tanggung jawab semua akhirnya, walaupun diawal bundanya yang selalu kontrol. Tapi kami semua sadar bahwa kalau badan dan jiwa sehat itu membuat bisa beraktifitas dengan leluasa

Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...