26 Mei 2019

Bisakah Cinta, Yang Bekerja Secara Rahasia Menyatukan Mereka?





                                                                
Judul : Sang Pewarta ( Cinta, Konspirasi, Investigasi )
Penulis: Aru Armando
Tahun Terbit: April 2019
Penerbit: Shofia - CV Loe
Jumlah halaman: 318 halaman
ISBN: 978-602-5862-18-2
⭐⭐⭐

Tomi, seorang sarjana hukum yang memilih bekerja sebagai wartawan, melibatkan diri dalam investigasi dugaan penyelewengan proyek pengadaan alat kesehatan di suatu kementerian. Fakta demi fakta, bukti demi bukti, ia kumpul dan rangkai untuk diungkap dalam laporan khusus media tempatnya bekerja. Namun, kian dalam ia menggali sumur informasi, kian dalam pila ia berada dalam lubang hitam yang telah lama menganga di tanah air ini. Tangan-tangan rahasia bekerja dan tak seorang pun yang tahu apakah dirinya pahlawan, korban, ataukah pecundang yang nyata.
Sementara itu, Dara, perempuan yang hatinya tertambat untuk Tomi, justru bagian dari Kantor Hukum pengacara rekanan perusahaan pemenang tender yang diduga bermasalah. Kantor Hukum tak tinggal diam dengan liputan-liputan yang menyudutkan kliennya. Bisakahcinta, yang juga bekerja secara rahasia, menyatukan mereka? Siapakah pahlawan, korban atau pecundang di dalam semesta cinta?

Buku ini kudapatkan dari pencarian book blogger penerbit Shofia di aplikasi Instagram. Untuk yang pertama kalinya aku menang giveaway buku duh senengnya semoga muncul buku gratis berikutnya (haiss berharap banget yakk).

Apa yang akan kalian bayangkan tentang seorang wartawan? Mengejar nara sumber kemana aja, cari berita sampai nggak pulang-pulang, harus bisa menyusun berita agar banyak yang membaca tulisannya, selalu bawa kamera dan alat tulis/perekam. Nivel ini membahas bagaimana seorang wartawan koran terutama mendapatkan berita dan bagaimana mereka mengolahnya menjadi tulisan.

Di novel ini ada 2 tokoh sentral dengan banyak tokoh pendukung.
Satrio Utomo atau lebih dikenal sebagai Tomi, seorang sarjana hukum lulusan terbaik yang memilih profesi sebagai wartawan. Karena termasuk orang yang pintar dibidangnya dia lebih sering bekerja sendiri alias individual, tapi karena profesi wartawan membuat dia harus banyak bersosialisasi dengan banyak orang. Orang yang perfeksionist juga menurutku, paling suka dengan masakan Indonesia.

Dara dulu teman satu jurusan hukum dengan Tomi. Bekerja sebagai asisten di sebuah kantor hukum terkenal. Mempunyai perasaan lebih kepada Tomi sejak kuliah tapi tak pernah terungkapkan. Seorang berkomitmen dalam pekerjaannya, walaupun bekerja bersebrangan dengan Tomi tetap menjaga porsinya saat bersama. Pekerja yang profesional.

Vina, rekan wartawan Tomi tapi dari koran lain. Wartawan senior di bagian hukum ambisius, perfeksionis juga berdedikasi tinggi dalam profesinya. Merupakan guru di lapangan bagi Tomi ada juga wartawan senior di kejaksaan dipanggil Mbah. Selain rekan wartawan ada Amin sebagai redakturnya dan ada hubungan lain dengan Tomi, terungkap nanti dibagian akhir. Ada jaksa Bismo sebagai salah satu nara sumber Tomi. Dan masih banyak beberapa tokoh yang akan berkaitan erat dengan kasus yang di angkat Tomi.

Terus terang aku baca buku yang pertama kali kulihat cover, blurbnya, genrenya. Sewaktu lihat novel ini dari cover dan judul sudah tau kalau ini tentang dunia kewartawanan. Lihat blurbnya sedikit jatuh moodnya karena kurang suka sama dunia hukum apalagi kalau berbau politik. Yang bikin tertarik itu karena ada unsur investigasinya mari kita kesampingkan politiknya, dan terus membaca. Tapi setelah baca semakin ke dalam malah keasyikan dengan cerita perjalanan Tomi mengungkapkan kasus.

Aku adalah penyuka buku bergenre fantasi, misteri dengan sedikit bumbu romantis untuk fiksinya kalau nonfiksi sih nggak ada yang spesifik tapi agak menghindari sejarah. 
Di novel ini ada bumbu misteri juga walaupun nggak terlalu menegangkan tapi bagiku cukuplah bikin sedikit deg-degan. 
Sesuai dengan judulnya unsur percintaan, konspirasi serta investigasi, ada kisah percintaan sang tokoh utama yang bagiku ceritanya menggantung tanpa penyelesaian tapi menarik, tapi menurutku pas banget ma ceritanya.
Soal konspirasi dibalik sebuah kasus dan pelibatan sang pewarta dengan berbagai trik dan konspirasinya. Investigasi sang tokoh utama untuk mendapatkan berita yang berkaitan dengan kasus yang ditangani.

Dari novel ini aku jadi tahu bagaimana profesi seorang wartawan bekerja, mereka tidak asala dalam menulis berita. Kadang kala profesi ini juga melibatkan bahaya dan pemikiran yang cerdas, tidak asal tulis berita saja. Setiap profesi kalau dilakukan dengan kecintaannya tetap akan menghasilkan sesuatu yang di atas ekspetasinya.

 " Menjadi wartawan itu tidak mudah. Menjadi wartawan juga bukan jaminan menjadi kaya, terkenal atau berkuasa. Menjadi wartawan adalah sebuah pengabdian dan panggilan hati. Kita, wartawan, adalah jembatan dalam setiap strata kehidupan. Kita menghubungkan penguasa dan rakyatnya dan sebaliknya. Kita menghubungkan orang tahu dan tidak tahu. Bayangkan kalau jembatan itu rusak atau bahkan tidak ada. Itulah peran kita Vin. Peran utama dalam membangun peradaban, bukan figuran" Amin kepada Vina (hal 64-65).

Cerita yang diangkat penulis ini sesuai dengan latar belakang pendidikannya di bidang hukum. Ini mendukung penulisan tentang istilah hukum yang ada dengan penjelasan yang mudah dipahami. Cerita dalam novel ini beralur maju, mungkin sedikit bisa menebak keterkaitan tokoh-tokohnya alias konspirasi yang ada. Tertebaknya konspirasi memang nggak sedari awal tapi justru itu yang membuatku semakin penasaran. Dengan sedikit tertebak membuat pingin menyelesaikan baca segera untuk mengetahui jawaban dari tebakanku.

Novel ini pas buat yang suka cerita tentang dunia hukum berkaitan dengan investigasi, terutama bagi pemula penyuka genre ini. Karena ceritanya tidak terlalu rumit alias mengalir dan mudah di pahami. Jangan mencari cerita cinta yang penuh keromantisan di novel ini. Buku yang tebal tapi ceritanya termasuk ringan karena bahasa yang dipakai juga mudah dipahami.








23 komentar:

ewafebri mengatakan...

Saya juga suka hal-hal yang berhubungan dengan investigasi. Banyak kejutannya soalnya. Hahaha..

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Sama berarti....

Fenni Bungsu mengatakan...

Kalau baca cerita seperti ini kadang jadi pingin melanjutkan kuliah jadi pengacara atau notaris 🙈

Hai Ulya mengatakan...

Sudah kuduga, bagian cintanya akan menggantung. Tapi sepertinya bagian yang lain cukup menarik. Saya suka, saya suka.

Tetty Hermawati mengatakan...

pas drama korea tentang hukum aku suka, istilah hukum sama ceritanya jadi menarik kalo difilmkan atau diceritakan di buku. Soalnya kalo baca istilah hukum biasa aja mah pusing bawaanya ya, hehe. Btw ini terinspirasi dari kisah di negara kita ga ya, soalnya banyak jg kasus penyelewengan dana pemerintah

Irena Faisal mengatakan...

ini macam sherlock holmes ngga? hahaha aku lagi addicted nonton sherlock holmes, tapi sepertinya novel ini menarik :D

Diah Alsa mengatakan...

Jadi penasaran juga nih Mbak pengen baca kisah wartawan ini. Ada tentang hukumnya pula yaaa, cocok nih, pengen tahu deh saya, secara paksu basic pendidikannya Hukum. Heheh.

Ohyaa Mbak, udah ikutan Blogger Buku Indonesia juga kah? Ada groupnya di FB juga Mbak, sering bagi2 buku gratis juga lho langsung dari penulisnya. Saya udah 2x dapat buntelan dari sana :)

Yanti mengatakan...

Novelnya bagus bnget nih isinya selain dunia wartawan dan hukum plus ditambah dunia percintaan kombinasi yang bkin tertarik untuk saya baca .sukakk bangett

Natrarahmani mengatakan...

Aku suka novel yang bikin penasaran dengan karakter yang gak bisa ditebak dan alur yang mengejutkan. Penasaran dengan buku ini

Wiwin Pratiwanggini mengatakan...

Selamat ya mbaaaa dapat hadiah buku. Btw kalo beli, berapa ya harga buku ini? Penasaran aja sih dengan cerita lengkap di novel ini :)

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Ahhh impian yg sempat tertunda

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Iya bagian romantismenya tidak ada endingnya. Tapi bagian perjuangan Tomi menarik banget

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Ya latar belakang cerita ada di negara kita...

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Bisa dianggap seperti itu....

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Aku belum ikut grupnya mbak, kasih link dong grup blogger bukunya....

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Buku sudah ada di gramedia mbak

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Bisa dicari di gramedia mbak, sekitar 70rban

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Karena 12 tahun aku kerja di media cetak dan suka mendengarka cerita para wartawan tuh kadang suka bikin aku bersyukur karena dulu aku dibagian iklan. Wartawanku dulu tak kenal waktu, dimana mereka harus mencari berita dan mengejar nara sumber. Makanya aku nyaris hapal pola para selebriti, petinggi pemerintah dan juga orang-orang penting lainnya. Tapi mereka happy dengan apa dijalankan, bahkan ada wartawanku yang bisa cinlok dengan wartawan lain. Heheheee

Shine Fikri mengatakan...

Duh aku jadi keingetan, banyak novel yg belum sempat ku baca, kangen baca novel lagi deh rasanya. Temenku juga ada tuh yg cinlok saat liputan, hihi

Meriska Putri mengatakan...

Awalnya tadi ku kira novel cinta segitiga tapi ternyata kisah percintaannya cuma buat selingan aja ya mbak? Lebih menonjolkan sisi investigasinya. Sepertinya seru nih gak cinta-cintaan mulu soalnya

April Hamsa mengatakan...

Wah aku suka nih berbau2 investgasi gtu. Tapi aku kepoh kelanjutan kisah asmara Tomi dan Dara gmn? Akankah mereka bersatu? #diucapkandengannadaalainfotainment hehe

Inka Amalia mengatakan...

Sebenernya resiko nya tinggi juga ya dari hukum jadi wartawan. Tapi kalau dari jiwa nya suka berbau investigasi sih kayaknya bakal jadi tantangan diri sendiri dan memuaskan rasa ingin tahu juga

vharanie mengatakan...

wah.. duluuuu ya, aku suka nih baca² yg ada investigasinya gitu.. bikin muter otak banget buat mencernanya.. tp sekarang aku udah nyerah deh hehehe

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...