23 Jan 2024

Apa Sih Virtual Asisten

 


Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari kerja dari rumah untuk emak-emak seumuranku. Ternyata banyak banget piihannya, yang membuatku tertarik itu istilah virtual asisten sama data scientist. 

Akhirnya aku tertarik dengan kerjaan virtual asisten. Dalam bayangan awalku virtual asisten itu berarti asisten jarak jauh, asisten para pelaku bisnis tapi dikerjakan jarak jauh. Kalau sesuai bayanganku berarti pekerjaannya mengatur jadwal, dan membantu secara administrasi. Ternyata nggak sesederhana itu guys, pekerjaan seorang virtual asisten itu sangat luas.

Jadi apa sih Virtual Asisten itu?

Dari salah satu artikel yang aku baca di Glints, virtual asisten adalah asisten yang mengurus pekerjaan terkait administrasi dan dukungan bisnis kepada perusahaan dari jarak jauh atau remote. 

Profesi ini sedang banyak diminati oleh  perusahaan karena lebih efisien dan efektif, kenapa karena mereka nggak perlu bayar mahal pegawai bulanan cukup dibayar per projek dan mereka juga nggak perlu menyiapkan tempat juga.

Selain peningkatan peminat sebagai pemakai juga peminat dari segi pemberi kerja. Kenapa? karena pekerjaan ini bisa dikerjakan di mana saja selama ada jaringan internet dan punya keahlian yang dibutuhkan. Pekerjaan ini banyak menarik minat para ibu rumah tangga karena mereka bisa mengerjakan dimana saja dan nggak butuh waktu panjang seperti pekerja kantoran umumnya.

Nah sebenarnya tugas para virtual asisten itu apa aja sih? mari kita kulik ya.

1. Asisten Pribadi

Seperti asisten pribadi pada umumnya, virtual asisten sebagai asisten pribadi ini bertugas untuk mengatur agenda harian, membuat resume harian, mengatur jadwal pertemuan, dan lain-lain.

2. Mengelola Media Sosial

Seperti kita tau saat ini media sosial berperan penting dalam setiap perusahaan menjalankan bisnisnya. 

Disini tugas seoang virtual asisten adalah mengatur jadwal posting, membalas komentar, menjawab pesan dan menganalisis insight dari setiap media sosial yang dimiliki perusahaan.

3. Input Data

Seorang virtual asisten juga ada yang berugas mulai dari mengumpulkan data, menyusun, sortir dan mengolahnya untuk data perusahaan dalam pengambilan suatu keputusan.

4. Melayani Pelanggan

Kadang ada perusahaan yang membutuhkan seorang virtual asisten sebagai customer service yang berhubungan langsung dengan pelanggannya. 

Tentunya tugas virtual asisten ini akan berbeda dengan customer service perusahaan langsung. Tapi memang ada beberapa perusahaan yang berskala kecil memakai jasa virtual asisten ini.

5. Mengelola Email

Virtual asisten bisa melakukan tugas dengan mengelola email perusahaan seperti, membalas setiap email yang masuk berdasarkan arahan dari pimpinan, menghapus email spam dan lain sebagainya.


Dari beberapa tugas diatas pastinya dibutuhkan beberapa keahlian yang dibutuhkan unuk seorang Virtual Asisten

1. Komunikasi efektif

Keahlian ini dibutuhkan seorang virtual asisten sebagai media untuk berkomunikasi dengan klien. Dibutuhkan komunikasi yang jelas dan efektif melalui berbagai saluran komunikasi.

2. Organisasi dan managemen waktu

Keahlian ini dibutuhkan karena biasanya dalam 1 hari akan ada banyak tugas yang dikerjakan oleh seorang virtual asisten. Dibutuhkan keahlian untuk mengorganisasi dan mengatur waktu yang dimiliki agar sesuai dengan tugas yang diberikan.

3. Keahlian teknologi

Dalam melakukan tugasnya seorang virtual asisten membutuhkan aplikasi dan alat-alat yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaannya. Seperti microsoft office, google worksheet, canva, capcut, instagram dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan tentang tugas dan keahlian yang dibutuhkan sebagai seorang virtual asisten bikin daku jadi semakin tertarik. Akhirnya jadi ikut pelatihan dasarnya. dari banyaknya pelatihan yang bertebaran aku milih pelatihan dari teman kreativ dengan berbagi pertimbangan. Sebenarnya selain memang untuk nambah penghasilan aku juga ingin menambah ilmu untuk ngembangin bisnisku sendiri. Jadi mari kita memulai ilmu baru Bismillah....lets start





Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...