11 Mei 2019

Ada Apa Dengan Belanja Online?

pict by pixabay.com

Halo kawan bagaimana kabar isi dompet kalian sampai seminggu puasa yang semakin mendekati lebaran? Sudah turun belum THRnya? Jangan sampai kalap ya kalau sudah turun THRnya...
Ok kalau sudah semakin mendekati hari raya Idul Fitri ini pasti banyak banget nih godaan promo untuk belanja di berbagai gerai. Dari mulai gerai fashion sampai sembako.

Apalagi sekarang semakin dipermudah nih buat belanja tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan tangan, kelincahan jari-jari ketik-ketik barang datang deh kerumah. Ya sekarang belanja dengan cara online cukup lihat dari Hp baik itu toko dengan aplikasi e-commerce maupun lewat media sosial, tanpa harus mendatangi tokonya.
Biasanya para pedagang online ini lebih sering banget kasih promo-promo yang menggiurkan dibandingkan dengan toko-toko offline. Apalagi saat mendekati hari raya seperti ini, promo yang diberikan semakin gencar saja saingan ma toko offline.

Dengan adanya cara belanja ada dua sisi yang berlawanan yaitu sisi positif dan negatifnya.
Kalau positif salah satunya sudah aku bahas di atas tadi, yaitu mempermudah kita dalam belanja barang, nggak perlu keluar rumah barang sudah datang aja.
Sisi positifnya lagi pilihan barangnya beragam, kita bisa bandingin harga dari berbagai toko jadi kita punya banyak pilihan. Ya kita bisa bandingin harga dengan barang yang sama di beberapa toko secara bersamaan, apalagi kalau pakai aplikasi e-commerce puluhan toko dalam 1 aplikasi.
Sisi positifnya lagi tuh, para pedagang online ini sering banget bikin promo-promo menarik meskipun itu di luar Ramadhan.

Nggak enaknya kalau beli online itu kita lihat barangnya dalam bentuk gambar. Belanja online itu nggak bisa pegang barangnya langsung, kadang kita nggak tau seberapa bagus bahannya terus warna yang sebenarnya juga. Belanja online itu riskan memang, banyak kasus penipuan, barang nggak sesuai gambar, atau malah barang nggak pernah datang. Belanja online pembayaran akan dilakukan dimuka, jadi bayar dulu baru barang dikirim.
Kalau beli online kita memang harus lebih hati-hati aja, cari penjual yang sudah terpercaya. Biasanya dari toko di e-commerce itu lebih terpercaya karena uang pembayaran diberikan penjual kalau barang sudah diterima pembeli, masih amanlah dan kita bisa melaporkan di ecommerce kalau ada masalah. 

Ok itu enak dan nggak enaknya belanja secara online. Terus bagaimana kita menyikapi promo yang bertebaran di toko online? Sebenarnya hampir sama sih dengan cara menyikapi saat kita belanja offline.
Pilah barang yang benar-benar kita butuhkan, jadi jangan kalap kalau sudah lihat promo diskon gede-gedean itu.
Sebelum belanja bikin list dulu dan tentuin budget kita buat belanja. Saat belanja cari barang yang ada di list kita bandingin harga di setiap toko online yang kita percaya pastinya dan sesuaikan dengan anggaran yang kita miliki.

Kayaknya buat sekarang iu dulu yang bisa aku tulis tentang promo belanja online. Semoga bermanfaat kawan, tulisannya berdasarkan pengalaman pribadi kok, jadi sudah sedikit teruji sih he he he...

Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...