11 Okt 2020

Belajar Ngeblog Lagi Yuk!!!

Belajar Ngeblog


Disaat aku sudah mulai lelah jadi kaum rebahan mulai deh jalan-jalan di semua medsos dan juga email mencari sesuatu yang membuat aku nggak bosan lagi. 

Saat buka eh ketemu pemberitahuan tentang kelas blog pemula, dan ini pas banget dengan aku yang juga sudah mulai kangen dengan tulis menulis di blog. Daaan kulihat ternyata blogku sudah berdebu tebal banget (haduh berat emang orang nggak konsisten ini...). Musti cari sesuatu yang bikin semangat lagi buat memulai sesuatu yang sempat berhenti lama (lebih gampang memulai yang belum pernah daripada memulai sesuatu yang sempat berhenti...).

Belajar Blogging

Karena ingin memulai sesuatu benar-benar dari nol untuk kegiatan ngeblog ini akhirnya daftar deh trainingnya tanpa banyak berpikir lewat komunitas Blogger Perempuan. Aku pinginnya sih habis ikut kelas ini bikin semakin semangat terus mencorat-coret di rumahku ini.

Kelas blog pemula ini diadakan selama 2 hari di WAG (kelasnya online pastinya). Kelas di mentori sama kak Dewi Rieka yang lebih dikenal kak Dedew mau lihat lebih lengkap tentang beliau bisa deh jalan-jalan ke web kak Dew ya di sini .

Training ini diadakan ruang aksara dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi awal pembuatan blog yang kedua pembuatan artikel. Oh ya kalau yang penasaran apa itu ruang aksara dan apa aja yang mereka lakukan langsung ke web mereka di http://www.ruangaksaraku.com/ .

Ok sesi pertama kita dikenalin nih tentang blog itu apa dan untuk apa. Yang aku suka saat diterangin manfaat ngeblog nih dari mulai dari untuk diri sendiri sampai untuk orang lain. Kayaknya juga bisa jadi mengurangi stress ya, karena bisa buat curhat lo. Bisa juga jadi tempat mencari penghasilan alias bisa mendatangkan uang (sedikit pernah aku alami juga sih sebenarnya selama punya blog ini). KIta diajari nih bikin blog dari nol nah kebetulan yang diajari pakai blogspot yang seperti sekarang kupakai, selain mudah penggunaannya juga gratis disediakan oleh google. 

Setelah blog siap kita diajarin cara mengisi susunan secara simple aja. Nggak enaknya kalau online hanya lewat whatsapp grup itu kita nggak bisa tanya dan nunjukin langsung kayak offline gitu. Harus otak-atik sendiri didampinginya jarak jauh nanya juga nunggu giliran jawabnya. Tapi secara keseluruhan sih enak kelasnya karena di bikin santai aja nggak terkesan kaku.

Hari kedua kita diberi tips mengisi blog kita alias bikin artikel. Karena inti blog itu tulisan berarti fokus kita ya gimana bikin supaya artikel alias tulisan kita menarik dong. Kadang karena terlalu asyik menghias blog biar lebih cantik malah lupa bagaimana mengisi blog biar banyak pengunjungnya.

Terus terang sebenarnya aku sudah ikut pelatihan ngeblog pemula ini beberapa kali dan yang dibahas hampir sama sih. Tapi kali ini kita diberi tau beberapa tips diantara mencari keyword artikel biar lebih mudah dikenali mesin pencarian, bikin artikel yang menarik pembaca. Dannn ternyata selama ini aku mikirnya terlalu berat saudara untuk masalah SEO ini. Tapi memang semua itu harus dibiasakan dulu sih. Semakin sering kita bikin tulisan di blog akan semakin terbiasa dengan ini. 

Kalau boleh dibilang nih ya, ini pas banget buat para ibu-ibu yang sering nulis curhatan nggak jelas di media sosialnya. Daripada mereka nulis panjang lebar curhatan soal yang nggak jelas mending nyurhat yang tertata di blog. Selain mereka bisa curhat yang enak mereka lama-lama bisa menghasilkan uang juga dari curhat-curhatnya. 

Di blogku ini termasuk yang campur aduk sih bahasa kerennya lifestyle blog. Aku menuliskan secara random apa yang kualami dalam keseharianku. Aku juga bisa jadi wartawan lo kalau pas lagi ikut acara apa gitu. Aku juga bisa cerita tentang apa yang kupakai dan kubaca (nah ini adalah salah satu kebahagianku juga...). 

Oh ya diatas kan aku sudah sebutin alasanku ikut kelas ini pingin aktifin blog lagi. Selain itu pingin cari semakin banyak komunitas yang bisa mempengaruhi kerajinanku bikin artikel disini. 

Kayaknya aku musti bilang makasih nih buat mentornya yang jelasinnya singkat, padat, jelas dan mengena banget mbak Dedew (haduh jadi kangen Semarang deh aku...). Buat ruang aksara aku musti ucapin jangan bosan buat bikin kita semakin pinter bikin curhatan yang bermanfaat yak...

5 komentar:

Inda mengatakan...

Semangat Mbak! ayo belajar nulis bareng-bareng :D

srisubekti.com mengatakan...

ayuuk..kita saling memberi semangat Mbak..
semoga bisa konsisten nulis di blogg yaa..

salam hangat selalu

Shinta mengatakan...

semangaat mba, salam kenal dari teman sekelas di ruang aksara :D

Dewi Rieka mengatakan...

Semangat yaaa, semoga habis kelas ini jadi makin rutin ngeblog...hwaiting!

Listiorini Ajeng Purvashti mengatakan...

Ayo semangat nulis bareng mba, salam kenal mba~ ^^

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...