7 Agu 2021

Bagaimana Cara Pengasuhan Orang Denmark




#IGBookReview
 
Judul Buku  : #rahasiaorangdenmarkmembesarkananak
Penulis : 
#jessicajoellealexander #ibendissingsandahl 
Penerbit :
@bentangpustaka
Tebal : 184 Hlm
Terbit : Oktober 2018




Akhirnya selesai juga baca buku tentang ilmu pengasuhan ini, setelah terdistraksi dengan buku fiksi dan novel.

Kita tahu hampir selama 40 tahun Denmark selalu terpilih menjadi negara paling bahagia sedunia, menurut World Happiness Report oleh PBB. Sudah banyak artikel dan kajian yang mengupas hal ini. Akhirnya diketemukan bahwa dasar dari semua itu adalah karena gaya pengasuhan orang Denmark.

Buku ini ditulis oleh seorang wanita dan juga ibu berkebangsaan Amerika yang menikahi orang Denmark dan tinggal disana. Selama dia hidup di Denmark melakukan banyak riset untuk mengetahuan gaya pengasuhan orang-orang sekitarnya terutama suami dan keluarganya serta orang sekitarnya.
Kalau dilihat latar belakang cerita ini buku ini disusun berdasarkan praktek kesehariannya.

Buku ini terdiri dari 7 bab yang disusun berdasarkan urutan pengasuhan dari orang Denmark. Untuk ilmu pengasuhannya sendiri dibagi berdasarkan dari kata PARENT berarti ada 6 ilmu yang dibagi.

Bab 1 kita diminta untuk mengenali pembawaan diri dan anak kita, karena ini adalah dasar untuk memulai ilmu pengasuhan yang sesuai dengan kita dan anak kita.
Ilmu pengasuhannya terdiri dari Play, Autentisitas, Reframing, Empati, No ultimatum, Togetherness dan Hygge.

Dari setiap ilmu yang ada dibeberkan dengan jelas bahkan diberikan contoh yang langsung dapat dipraktekan. Bahasa yang diberikan juga mudah dipahami dan nggak berbelit. Beberapa kali baca ilmu pengasuhan biasanya hanya teori tanpa contoh, tapi disini aku menemukan ilmu pengasuhan yang penuh dengan contoh.
Selain penuh dengan contoh dia juga membandingkan dengan ilmu pengasuhan orang kebanyakan. Kadang juga akan diberikan kelebihan dan kekurangannya.

Pokoknya rekomended buat para orang tua bukunya, dan sepertinya ilmu parenting dengan dasar kebehagiaan ini lagi berkembang banget.


Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...