12 Mei 2019

Apa Ketombe dan Bagaimana Cara Mengatasinya



Wanita berkerudung seperti diriku, yang tertutup rambutnya bukan berarti nggak punya masalah dengan rambut lo. Kalau aku boleh bilang justru buat wanita berkerudung itu banyak masalah di rambutnya, karena rambut yang tertutup seharian. Rambut yang lembab dan nggak kena udara seharian itu bikin jadi rusak juga. Salah satu masalah rambut wanita berkerudung itu adalah ketombe. Biasanya muncul serpihan putih yang berjatuhan dari rambut dan rasanya juga gatal, munculnya ketombe juga membuat hilangnya kepercayaan diri.
Terus bagaimana cara mengatasi ketombe ini?

Sebelum bahas soal bagaimana cara mengatasi ketombe rambut kita cari tau dulu yuk apa sih itu...
Menurut wikipedia ketombe adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sebenarnya pengelupasan kulit mati itu normal banget selama tidak berlebihan. Tapi ada beberapa orang yang mengalami pengelupasan kulit kepala ini terus menerus. 
Sebenarnya sih kalau normal bentuknya ketombe ini sangat kecil bahkan sampai tidak dapat dilihat oleh mata normal, tapi karena terjadi penumpukan saat pengelupasan akhirnya membuat terlihat oleh mata kita.

Ketombe ini terjadi salah satunya karena masalah nutrisi tubuh terutama rambut yang paling utama itu defisiensi zat seng. Kadang juga disebabkan sampo yang tidak cocok juga. 
Nah setelah tau apa itu ketombe dan penyebabnya kita bisa tau bagaimana pencegahannya dan pengobatannya.

Kalau pencegahannya sih sebenarnya cukup sederhana, keramas teratur dan jangan menghindari makanan yang mengandung seng. Keramas teratur dilakukan supaya kulit mati di kepala bisa hilang dengan tanpa harus terjadi penumpukan sehingga ketombe sampai terlihat. Ternyata stres juga jadi pemicu terjadinya ketombe lo, jadi menghindari stres atau paling tidak mengurangi itu juga jadi pencegahan ketombe.
Bagaimana kalau sudah terlanjur muncul ketombe yang berlebihan? Pastinya kita akan memberikan pengobatan yang tepat.
Salah satunya itu dengan pemberian sampo yang tepat. Sampo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala yang baik, memecah minyak dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan yang terlihat. Biasanya dipasaran banyak kita jumpai sampo khusus buat berketombe dikenal dengan sampo "anti dandruf".

Selain cara pemakaian sampo anti dandruf untuk pengobata ketombe juga bisa dilakukan dengan cara alami.
Beberapa cara yang bisa dilakukan berdasarkan laman merdeka.com, disini disebutkan ada 11 cara alami menghilangkan ketombe. 

Penggunaan lidah buaya, daun sirsak, jeruk nipis, lemon, minyak kemiri, minyak zaitun, minyak almond, cuka, baking soda, bawang merah dan garam. Kita bisa memilih salah satu bahannya cara pemakaiannya cukup sederhana kok cukup oleskan merata di seluruh kulit kepala.





Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...