15 Mei 2019

Bau Mulut Saat Puasa



Yang paling mengganggu saat berpuasa itu adalah bau mulut, bener nggak nih?
Sebelum bahas lebih lanjut bagaimana bau mulut di saat puasa,kita cari tau dulu yuk penyebab bau mulut secara keseluruhan.

Bau mulut ini bikin orang jadi hilang kepercayaan diri, jadi menjauhkan diri dari pergaulan. Menurut situs alodokter, bau mulut ini disebabkan banyak hal tapi 80% disebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut. 
Secara spesifik nih beberapa penyebab bau mulut :
1. Xerostomia, yaitu mulut kering yang disebabkan oleh gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
2. Gangguan saluran pencernaan, seperti penyakit maag atau gangguan asam lambung.
3. Sinusitis yang menghasilkan cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
4. Pengaruh kondisi lain, seperti diabetes, gangguan hati atau infeksi saluran pencernaan.

Selain penyebab diatas bau mulut juga disebabkan oleh hal lain seperti kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Nah kenapa saat berpuasa kita jadi mengalami bau mulut? karena sistem pencernaan kita sedang istirahat saat berpuasa. Biasanya sistem pencernaan kita berfungsi untuk mencerna makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh kita saat berpuasa sistem pencernaan kita sedikit beristirahat dari aktivitas mencerna makanan. Sumber bau mulut kita saat puasa itu dari organ-organ yang di dalam mulut. Salah satunya dari produksi air liur kita, air liur berguna untuk melembabkan mulut sehingga dapat mencegah bau mulut.
Sedangkan saat berpuasa produksi air liur kita berkurang karena asupan air yang masuk ke dalam mulut juga berkurang.

Gimana nih cara menghindari bau mulut saat kita berpuasa :
1. Perbanyak minum air putih saat sahur.
2. Gosok gigi sebelum tidur dan setelah sahur
3. Gosok gigi yang benar sampai tidak ada sisa makanan di gigi dan gusi
4. Hindari makanan yang menimbulkan bau tak sedap, seperti jengkol, pete, durian.

Tapi bau mulut orang berpuasa itu disisi Allah SWT lebih harum dibandingkan minyak misk, sedangkan bau minyak misk itu luar biasa harumnya. Jadi, kalau saat puasa mulutnya bau itu biasa dan kita juga harus bersyukur karenanya. Karena terkandung banyak hikmah dari bau mulut yang luar biasa saat kita berpuasa. 

Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...