10 Mei 2019

Masakan Andalan Saat Hanya Ada Nasi


Masakan apa yang paling gampang kalau yang tersedia hanya nasi putih aja? Yang paling praktis ya bikin nasi goreng, yang penting ada nasi putih kita bisa kombinasikan dengan bahan yang ada. Sebenarnya nasi goreng itu darimana sih? dan bagaimana awalnya ada nasi goreng?

Aku sendiri juga nggak tau sih nasi goreng itu darimana asal-usulnya. Tapi setelah bertanya dengan bantuan mbak Google dapat deh jawabannya.
Nasi goreng itu adalah masakan nasi yang di goreng dengan sedikit minyak atau margarin dibumbui bawang merah, bawang putih, garam diberi aneka toping bisa sayuran, telur, ikan asin (toping umum di Indonesia). Nasi goreng itu tidak hanya ada di Indonesia, tapi di negara lainnya juga ada dengan bumbu dan penyajian yang beda.
Ternyata nasi goreng itu adalah makanan tradisional orang Tionghoa, dan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Kebiasaan orang Tionghoa yang tidak suka makanan yang sudah dingin. Jadi untuk menghangatkan kembali nasi sudah dingin dengan menggorengnya ditambahin beberapa bumbu agar lebih enak. (sumber : https://bobo.grid.id)

Nah sesuai dengan asal-usul diatas kita jadi tahu kalau bikin nasi goreng itu enaknya ya nasi sisa atau nasi yang sudah dingin. Biasanya nasi goreng itu kita bikin kalau sarapan, karena lihat nasi sisa semalam. Atau saat malam hari disaat sudah kehabisan lauk yang tertinggal hanya nasi saja.
Nah buat keluarga aku nasi goreng ini bikinnya cukup sederhana banget kok, bumbunya juga nggak ribet banget. Selama masih ada nasi dan telur jadilah, apalagi sekarang bertebaran nih bumbu nasi goreng jadi di pasaran.

Ok aku akan bagi nih resep yang biasa aku pakai untuk nasi goreng keluargaku. 

Bahan-bahan :
2 piring nasi dingin
2 telur ayam dikocok lepas dibikin orak arik
2 batang daun bawang di potong-potong
5 udang kupas aku potong-potong bisa diganti dengan ikan asin atau sayuran lain
sedikit minyak goreng kadang kuganti dengan margarine
1 sdt minyak wijen
1 sdt saus tiram
1 sdt kecap masak
gula,garam bisa ditambahkan penyedap

Bahan yang dihaluskan:
2 buah bawang putih
3 buah bawang merah
2 lombok rawit (yg suka pedas bisa ditambahin)
1 buah tomat

Cara membuat :
1. Panaskan minyak di penggorengan. Masukkan bumbu halus goreng hingga harum, kemudian masukkan udang yang sudah dipotong-potong.
2. Masukkan nasi dan telur yang sudah diorak arik. Aduk hingga merata semua, kemudian tambahkan minyak wijen, saus tiram dan kecap. Aduk kembali hinggak merata.
3. Setelah semua bumbu dan nasi merata tambahkan gula, garam kemudian tes rasa. Boleh ditambahkan penyedap bila suka.
4. Nasi goreng siap disajikan, bisa ditambahin pelengkap krupuk. Biasanya sih aku pakai kerupuk yang beli di pasar atau kalau pas ada kerupuk udang.

Aku rasa nasi goreng ini cocok buat buka kalau dalam bulan puasa, karena menganduk minyak yang lumayan. Kalau sahur tidak kuanjurkan makan makanan berminyak karena itu akan membuat kita kehausan saat puasa besoknya. Kalaupun tetap mau bikin buat menu sahur setelah makan kusaranin perbanyak minum air hangat ya biar minyak yang disaluran cerna digelontor ma air hangat.



Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...