9 Mei 2019

Soto Ayam ala Bunda Narafid


"Sudah lama nih bu nggak makan sama soto ayam, apalagi soto ceker." celutuk salah satu kembarku. Mereka itu suka banget kalau dimasakin ceker atau kaki ayam dengan bumbu apa aja. Kalaupun bukan bagian kakinya yang penting bukan bagian dada mereka masih mau yang paling favorit tuh bagian kaki sama sayap.

Ok sepakat ya kita bikin soto ayam ala chef ibu tapi berhubung bagian kaki sudah kehabisan (ibunya kesiangan ke tukang sayurnya...he..he...he...) kita pakai sayap plus paha ya. Ok mari kita eksekusi ayam ini buat dijadiin soto ala chef ibu Siwi.
Berhubung ibunya sedikit keahlian masaknya resepnya sedikit nyontek di aplikasi cookpad tapi dengan sedikit variasi.

Soto Ayam ala Chef Bunda Narafid

Bahan-bahan :
500gr ayam (kali ini aku pakai sayap dan bagian paha)
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang bawang pre
1 batang sereh
1/2 ruas jahe
1/2 ruas lengkuas
2 cm kunyit
garam, gula
minyak menumis
air

Bumbu halus :
8 bawang merah
4 bawang putih
1/2 sdt merica

Pelengkap : 
bawang goreng
kentang goreng
telur nipis
sambal
perasan jeruk nipis
kerupuk rambak (kebetulan pas mudik kemarin beli rambak kerbau)

Cara memasak :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan ayam dan biarkan hingga lunak. Saring bagian kotorannya. Aku biasanya ayam kurebus dengan bumbu soto ayam jadi beli di warung. 
2. Haluskan bumbu, geprek sereh, jahe dan lengkuas.
3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Aduk hingga merata, kemudian angkat dan masukkan ke air kaldu rebusan ayam.
4. Tambahkan air sesuai selera, tunggu hingga mendidih, tambahkan gula dan garam. Kalau ada yang suka pakai penyedap rasa bisa juga ditambahkan. Jangan lupa bawang pre ya ditaburin.
5. Angkat ayamnya kemudian goreng. Kali ini aku hanya angkat bagian paha saja untuk sayap aku biarkan di dalam kuah sotonya.
6. Setelah di goreng suwir-suwir ayamnya. 
7. Soto sayap ala chef bunda Narafid siap disajikan dengan pelengkapnya.

Biasanya soto ini ditambahin bihun, berhubung pada nggak suka makanya aku ilangin. Bihun ini juga bisa dipakai sebagai pengganti nasi juga. 
Semua anggota keluargaku paling suka soto yang ditaburi kentang goreng, rasanya beda lebih gurih. Biasanya kentang hanya aku iris tipis terus digoreng seperti keripik.

Akhirnya bisa bagi resep andalan bunda Narafid nih dan ini adalah yang pertama kalinya. Sesuai dengan salah satu tekad tahun ini memperbanyak masak buat keluarga, jadi harus semakin rajin bikin makanan favorit keluarga.

2 komentar:

Umpan Patin Harian mengatakan...

Makasih bun resep dan infonya,.

Siwilih Nurdayati mengatakan...

sama sama bunda

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...