17 Feb 2019

Saat Jalan Dengan Anak


Bagi seorang ibu nggak jarang kita harus bepergian ke suatu tempat, pasti banyak yang musti dipersiapkan. Apalagi kalau bepergiannya harus sekeluarga dengan membawa anak-anak. 
Aku dan keluarga yang hidup jauh dengan kampung halaman minimal setahun sekali pasti mengalami yang namanya mudik alias pulkam. Apalagi saat kita masih tinggal di Semarang ngalamin tuh perjalanan panjang bareng anak-anak, perjalanan yang kita tempuh minimal 8 jam sampai 10 jam perjalanan. Banyak banget pengalaman saat mengajak anak-anak perjalanan dari mulai umur 3 bulan mereka sudah sering kita ajak bepergian jauh, terutama perjalanan mudik. Dari yang mulai naik kendaraan umum kayak travel, kereta sampai mobil pribadi. 
Saat mengajak mereka bertiga pasti kita butuh persiapan, butuh mental juga lo, apalagi kalau rewel di jalan. Sebenarnya mengajak mereka bertiga travelling itu nggak susah sih, kami berdua mulai mengajak mereka travelling dari kecil bahkan si kembar mulai perjalanan mudik pertamanya pada umur 3 bulan.

Kalau mengajak anak kecil bepergian itu yang penting bikin mereka nyaman dalam perjalanannya. Kita harus tahu kebutuhan dasarnya apa aja.
Waktu anak-anak masih dibawah setahun dan mereka masih minum ASI full yang kusiapkan adalah tempat yang nyaman dan baju yang nyaman dipakai biasanya bahan yang mudah menyerap keringat. Asupan snack yang lumayan buat ibunya biar bisa memberikan ASI lancar. Kalau bawa kendaraan sendiri bisa disiasati dengan setiap 2 jam sekali berhenti terutama saat memberikan ASI. Kalau naik kendaraan umum biasanya aku siasati saat malam hari, saat jam mereka tidur panjang kalaupun terbangun karena mereka minta ASI. 
Nah bagaimana saat anak-anak sudah mulai besar apa aja sih yang aku persiapkan saat mengajak mereka travelling.

Biasanya aku hanya menyediakan camilan dan juga mainan buat mereka. Mungkin sekarang tidak begitu susah mengajak mereka travelling karena sudah terbiasa sejak kecil. 
Suatu saat nanti pingin banget ngajak mereka backpackeran kemana gitu walaupun cuman keliling Jawa (impian jangka panjang nih kayaknya).

#nuberOWOBregionalSurabaya #tipstravelling

8 komentar:

Andari Hersoe mengatakan...

mau deh jadi anaknya kakaa siwi.. dibuatin camilan terus #meltedπŸ˜„πŸ˜„

Ovi RoRo mengatakan...

Momy yang perlu ditiru nihπŸ˜‰

Unknown mengatakan...

Mudah karena terbiasa ya, kak. Meski belum punya, tapi ponakan udah dua. Jadi minimal aku tau gimana susahnya mbak tiap mau bepergian apalagi anaknya masih pada kecil2 semua dan kadang suka rewel, belum lagi pas ketemu orang asing masih sering takut. Intinya sih kalo pergi bareng bocah itu kuncinya gimana biar mereka gak bosen. Nah, kalo udah gabut ini yang bikin orang dewasa bingung sampai panik buat nenangin mereka. Maklum, anak2 memang banyak gerak dan perlu banyak perhatian dan pengawasan. Hehe, baca tulisan kak Siwi nambah ilmu soal parenting nih.

Nur Afifah mengatakan...

Apa? 3 bulan sudah diajak mudik? Jauh lagi... Hebat deh. Bulek aku punya anak usia 4 bulan, di ajak ke Malang aja was-was Kak. Padahal naik mobil pribadi. Kalau Kak Siwi waktu bawa si kembar waktu usia 3 bulan itu gimana perasaannya?

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Ehh aku nggak ahli bikin cemilan banyakan belinya malahan. Salah satu resolusi tahun 2019 itu banyakin masak buat keluarga jadi baru belajar beberapa aja. ... Nanti kucolek deh kalau lagi praktek yg jadi πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Ditiru apanya dulu ini πŸ˜‰, jangan cerewetnya ya....

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Alhamdulillah ada yg nambah ilmunya karena tulisanku. Yang penting persiapan mental kalau ngadepin anak-anak itu. Sesekali ikutin deh dunianya maen bareng mereka kadang aku juga kencan ma anak2 tanpa suamiku juga.

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Waktu bawa bayi umur 3bln perjalanan jauh itu perasaannya seneng aja kak Afifah. Yang penting tenang siapin kebutuhan anak2, pelajari kebiasaannya, kalau naik mobil sendiri biasanya aku siapin alas buat kalau pas kita berhenti di jalan dan biarin mereka bergerak bebas. Dulu kalau ma kembar aku pakai carseat kak dan berhenti 2 jam sekali bisa di pom bensin atau masjid aku siapin alas buat mereka tiduran biar bisa bergerak bebas kurang lebih 30-60mnt.

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...