16 Mei 2019

Tunik Baju Andalan Para Muslimah


Sebagai seorang perempuan pasti konsen banget nih soal penampilan. Salah satu yang jadi konsen itu model baju. Kalau bagiku untuk milih baju nggak harus ngikutin tren, nggak harus mahal juga yang penting nyaman kupakai. 
Nah sebagai muslimah juga aku paling suka dengan model baju yang nggak ketat alias sedikit longgar. Model yang paling sering kupakai itu model tunik. Dan atasan model tunik adalah baju yang paling sering dipakai para muslimah.
Kita sudah sering kan dengar istilah baju tunik dengan berbagai model, tahu nggak sebenarnya tunik itu apa dan gimana sejarahnya?

Menurut wikipedia tunik adalah (bahasa inggris : tunic) pakaian longgar yang menutupi, dada, bahu dan punggung. Baju ini bisa berlengan atau atau tanpa lengan panjangnya sampai dipinggul atau diatas lutut. 
Sedangkan asal usul tunik adalah pakaian yang disebut tunica. Pakaian ini dikenakan orang Yunani Kuno, Romawi Kuno dan Kekaisaran Romawi Timur. 

Di Romawi Kuno, tunik adalah pakaian pria dan anak laki-laki. Pria muda dan prajurit mengenakan tunik berwarna putih yang panjangnya hanya sampai di atas lutut. Laki-laki berumur, bangsawan, dan hakim mengenakan tunik hingga sampai di pergelangan kaki. Rakyat biasa mengenakan tunik yang dibuat dari kain wol berwarna putih. Jadi itu asal muasal baju tunik dan istilah tunik terjadi.

Jadi baju muslimah model tunik bukan berasal dari Timur Tengah lazimnya busana muslimah berasal. Di Indonesia istilah tunik untuk menyebut baju atasan yang panjangnya mencapai lutut kaki.

Karena tunik modelnya cukup sederhana dan mudah untuk dikombinasi dengan bawahan apapun baik rok maupun celana, membuat lebih sering dipakai oleh para muslimah. 
Dari hasil mencari tentang istilah tunik ini ada satu laman yang mengenalkan jenis busana tunik ini, yaitu laman Seruji.co.id :
1. Simple tunik 
Tunik model simple yang cocok dipakai untuk sehari-hari, atau bisa untuk ke acara formal maupun semi formal. 
2. Tunik Chiffon
Tunik yang bahannya dari kain chiffon. 
3. Tunik Peplum
Tunik yang modelnya seperti biah plum, melonggar di bagian bawahnya. Biasanya model ini sering dipadukan dengan celana denim atau celana bahan.
4. Tunik Asimetris
Tunik yang potongan modelnya asimetris. 
5. Tunik Vest atau tunik ala rompi
Tunik yang berfungsi sebagai rompi biasanya tanpa lengan. 

Nah kita sudah kenal istilah tunik dan macam-macamnya sekarang tinggal milih model yang sesuai dengan keinginan. Apalagi mendekati hari raya begini pasti lagi berburu baju lebaran, kita jadi bisa memilah yang sesuai dengan karakter kita dan pastinya nyaman.

Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...