14 Jun 2019

Petualangan Sang Tukang Tato


Judul : Akar (Supernova)
Penulis: Dee Lestari
Tahun Terbit: Februari 2018
Penerbit: Bentang Pustaka
Jumlah halaman: 262 halaman
ISBN: 978-602-8811-71-2
✬✬✬✬
   Di Bolivia, Gio mendapat kabar bahwa Diva hilang dalam sebuah ekspedisi sungai di pedalaman Amazon. Di Indonesia, perjalanan seorang anak yatim piatu bernama Bodhi dimulai. Bodhi yang dibesarkan di wihara oleh guru Liong, akhirnya meninggalkan tempat ia dibesarkan dan bertualang ke Asia Tenggara. Di Bangkok, ia bertemu dengan pria eksentrik bernama Kell yang mengajarinya seni tato.
   Setelah melalui petualangan yang berliku di berbagai negara, Bodhi akhirnya ke Indonesia. Ia dipertemukan dengan tokoh punk karismatik bernama Bong. Sejak itu, Bodhi menjadi bagian dari komunitas punk dengan perannya sebagai seniman tato.
   Sebuah surat misterius yang ditemukan secara tidak sengaja oleh Bodhi kembali membawanya ke gerbang petualangan baru.

Petualangan supernova berlanjut lagi, cerita apa lagi yang akan diberikan?  
Salah satu wishlist aku ditahun ini buku kedua serial supernove, 2 dari 8 buku yang harus kucari entah beli sendiri (sepertinya lebih memuaskan) ataupun pinjam. Kenapa aku memilih serial ini sebagai wishlistku tahun ini? Alasannya yang pasti penasaran dengan isinya, karena banyak reviewer bertebaran yang memberikan nilai positif. Mungkin bisa dibilang teracuni para book blogger dan bookstagramer. Tapi racun mereka positif banget sih, aku suka cerita filosofinya.

Buku ke dua ini ada beberapa karakter yang dimunculkan, selain tokoh utama Gio petualangannya kali ini mendatangi negara Bolivia. Dimunculkan tokoh bernama Bodhi, seorang yatim piatu dengan masa kecil yang banyak di habiskan di wihara. Penampilannya seperti biksu dengan kepala gundul dan menjauhi makanan daging dan minuman keras. Ada Kell guru tato dari Bodhi yang berjumpa di negara Vietnam, seorang blasteran dengan kehidupan bebasnya. Kemudian ada tokoh bernama Bong seorang pemimpin komunitas punk di Indonesia. Guru Liong, guru spiritual Bodhi di wihara juga bertindak sebagai pengganti orang tua. 

Cover bukunya sama dengan seri pertama hitam dengan tulisan merah berikut simbol akar. Membuat kita berpikir sekelam apa cerita yang terkandungnya apakah sekelam warna covernya yang hitam. Gaya bahasa penulis yang benyak memberikan istilah-istilah yang kurang umum, tapi cukup dimengerti karena diberikan pengertian dalam isi ceritanya. Novel sastra yang membuatku betah untuk membaca berlama-lama, mungkin juga bisa membuatku membaca ulang. 

Awalnya memang bingung sih kok ada 2 latar belakang tempat yang diceritakan dan nggak berhubungan. Tapi setelah diakhir kita jadi tau hubungan semuanya. Setelah mulai masuk cerita Bodhi aku malah nggak bisa berhenti bacanya, ada ketawa dan menangisnya. 

Cerita perjalanan seorang yatim piatu yang tidak jelas asal usulnya. Sejak kecil yang dikenal hanya dunia di dalam vihara tempat hidup guru juga orang tua asuhnya sejak kecil. Kemudian dia harus berkelana ke dunia luar vihara tempat hidupnya, bahkan dia harus terdampar di negara asing. Banyak hal baru yang ditemukan, bahkan dia punya guru baru seorang ahli tato yang akan menjadi jalan hidupnya kemudian. Bertemu dengan teman atau bahkan saudara yang terlalu menyayanginya.

Banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik dari perjalanan hidup seorang Bodhi. Hidup itu tidak akan selalu mulus, pasti akan menemukan kerikil bahkan batu yang menghalangi perjalanan. 
"Life is all about how to control our minds, and how to make use of our limited knowledge" Luca, hal 156.
Sepertinya kisah ini semakin menarik, dan takkan berhenti membaca sampai tuntas. 


Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...