16 Mei 2019

Ketupat Oh Ketupat


Kalau denger kata ketupat apa sih yang dalam pikiranmu? Lebaran alias hari raya Idul Fitri ya kan....
Puasa aja baru jalan sepertiga udah bayangin lebaran sih. Tapi tak apa sih kita mau prepare lebaran jauh-jauh hari kok mau masak ketupat sendiri (siapa tau mau, bikin kejutan).

Makanan ini keluar pasti di saat hari raya jadi sajian di meja makan, bareng ma opor ayam dan sambal goreng kentang (wuih bayanginnya semakin ngiler deh...). Ketupat itu apa sih? ketupat atau kupat hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda, atau kadang dari daun palma yang lain. Biasanya berbentuk kepal bersudut 7 atau jajaran genjang bersudut 6. 
Untuk memasak ketupat ini diperlukan waktu yang nggak sebentar lo, masaknya berjam-jam. Sebelum masak udah dibutuhin waktu buat merendam berasnya kurang lebih sejam bisa kurang, saat merebusnya sih minimal 4 jam bisa lebih. Itu kalau kita masaknya secara konvensional ya, aliasa pakai panci yang biasa. Kalau mau cepat bisa nih kita pakai panci presto pematangannya lebih cepat biasanya. 
Nah berhubung aku juga belum pernah bikin mari sama-sama kita cari contekan buat masak ketupat pakai panci presto supaya prosesnya nggak terlalu lama ya... (kali ini aku ngintip caranya dari link Merah Putih.com)

Memasak Ketupat menggunakan panci presto :
1. Siapkan kulit ketupat, bisa bikin sendiri atau beli dipasar tapi pilih anyaman yang rapi ya.
2. Masukkan beras ke kulit ketupat. Untuk beras ini dipilih minimal berkualitas sedang. Jangan pilih yang terlalu pera atau pulen, kalau terlalu pulen hasilnya akan lembek. Sebelum dimasukkan beras dicuci bersih, kemudian direndam dalam air selama kurang lebih 30 menit sampai sejam. Setelah direndam beras ditiriskan kemudian dimasukkan ke kulitnya. Takaran beras yang dimasukkan tergantung jenis beras yang dipakai. Kalau kualitas sedang cukuplah 1/3 rongga anyaman, kalau pulen sekitar 2/3 bagiannya.
3. Masak ketupat ke dalam panci presto.
Menggunakan panci bertekanan tinggi akan menghemat waktu. Cara memasaknya hampir sama dengan panci biasa, yakni rendam ketupat dalam panci presto. Airnya tak perlu sampai penuh agar tidak meluap. Nyalakan kompor dengan api sedang dan masak selama hingga panci presto berbunyi selama 10 menit. kecilkan api dan lanjutkan masak selama 45 menit. Agar ketupat semakin bercitarasa, ada beberapa rempah yang bisa kamu masukkan. Untuk ketupat lebih kenyal, masukkan air kapur sirih atau endapan abu merang saat merebus air (sebelum memasukkan ketupat ke dalamnya). Selain itu tambahan garam membuat ketupat lebi gurih atau daun pandan agar harum. 

4. Angin-anginkan dengan cara digantung.
Sering kita lihat orang menggantungkan ketupat, tahu nggak maksudnya? Ternyata tujuannya menggantung ketupat yang sudah masak agar ketupat lebih tahan lama. Dengan digantung, sisa air yang dalam anyaman ketupat ditiriskan.
Menggantung ketupat juga akan membuatnya tahan selama 2 hari di suhu ruang. Namun, kalau ingin ketupat lebih tahan lama, kamu bisa memasukkannya ke wadah tertutup yang kedap udara lalu menyimpannya di kulkas. Saat ingin memakan ketupat, kamu tinggal memanskannya dengan cara dikukus.

Nah sudah tau cara memasak ketupat sekarang tinggal eksekusinya ya....


Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...