24 Jun 2019

Akankah Takdir Bisa Tertukar


Judul : Tukar Takdir
Penulis: Valiant Budi
Tahun Terbit: 2019
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman: 224 halaman
ISBN: 978-602-0622-39-2
✬✬✬✬
Tukar Takdir menceritakan perkara yang kita takuti dan pasti terjadi dalam 12 (dua belas) nasib yang salah satunya mungkin parah, sedang, atau akan jadi milikmu.
(Takdir 1) Seandainya aku benar-benar bisa mengulang waktu, apakah aku akan bisa mengubah nasibku dan penumpang lainnya? Atau cuma repetisi tragedi semata?
(Takdir 2)  Saya seperti luwak yang harus merasa bersalah kalau nggak berak karena sudah diberi kandang dan makanan.
(Takdir 3)  Elo nggak perlu bohong, tapi nggak perlu jujur juga. Kita jebak tahi cecak itu ke alam asumsi mereka sendiri
(Takdir 4)  Godaan setan, penolakan batin, dan rintihan Maryati silih berganti menghantuiku.
(Takdir 5)  Aku baru tahu bahwa aku ini berbeda saat Mama memperlihatkan foto-fotoku yang sedang tampil menari di atas pentas seni taman kanak-kanak.
(Takdir 6)   Kite diguna-guna, Mak! Pasti ada yang sirik banget karena warung kite laku keras!
(Takdir 7)  Aku tak tahu pasti apakah Mamah sedang butuh pelarian, atau sudah terlanjur terbutakan cinta - atau sudah pasrah menerima kenyataan bahwa lelaki sering berbohong.
(Takdir 8)  Selama di sini, saya sering menyaksikan mereka yang datang berharap-harap romansa, pulang-pulang hati babak belur.
(Takdir 9)  Kehilangan sahabat saja sudah perih, apalagi kehilangan sahabat yang mengandung masa depanmu; anak-anakmu?
(Takdir 10)  Seindah-indahnya kenangan, kalau diingat dalam keadaan buruk, bisa berbalik menyengsarakan.
(Takdir 11)  Kami juga bisa tampil rupawan. Kami tak selamanya akan menggentayangi tempat gelap dan sepi.
(Takdir 12)  Pantas saja kematian tetap jadi misteri, karena setiap yang tahu, akan dibuat terbungkam saat terlahir kembali.

Buku pertama karya Valiant Budi yang kubaca dan ternyata isinya penuh dengan makna. Aku pilih baca buku yang termasuk baru rilis ini karena bertebaran di sosmed dan penasaran ma judulnya ada apa dengan takdir sih? kenapa harus ditukar? emang bisa ditukar?
Dan akhir-akhir ini diriku lagi tertarik dengan buku tentang motivasi diri dan pengembangan diri aku merasa buku ini mungkin bisa memotivasi juga.

Awalnya kukira buku ini adalah kumpulan cerita fiksi dengan banyak cerita cinta dan kehidupan. Daaan ternyata buku ini full bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang mungkin sering kita temui atau bahkan pernah kita alami.

Dikumpulan cerita ini kita diajak untuk membaca 12 kisah kehidupan makhluk nggak cuman manusia ya. Apa yang akan mereka rasakan saat takdir datang dan kejadian di balik takdir yang terlihat dipermukaan.

Setiap kisah akan disebut dengan takdir, dan setiap takdir diceritakan dari sudut pandang dari pelaku alias orang pertama. Kita dibawa seakan benar-benar mengalami takdir yang diceritakan. Setiap takdir diceritakan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami tanpa harus banyak menerka apa sih maksudnya. Sepertinya ketakutan-ketakutan kita dalam menjalani hidup itu tertuang dalam kumpulan cerita ini. 

Setelah baca beberapa kisah di cerita ini membuat kita jadi melihat sesuatu dengan segala sisi. Karena tanpa sengaja kita hanya melihat orang atau sebuah kejadian dipemukaan saja tanpa tahu ada apa dibaliknya. Kadang kita malah memberikan penghakiman yang lumayan negatif atas semua kejadian yang ada. Saat baca buku ini jangan harap akan biasa-biasa aja, kita sesekali akan merasakan sesak juga karena pernah mengalaminya. Sepertinya buku ini memang diciptakan sebagai pengingat kita tentang kehidupan yang kita jalani, atau kejadian yang dulu pernah kita alami.
Kalau ditanya takdir mana yang jadi favoritku, semua takdir membuatku kembali berpikir tentang semua yang pernah kualami. Tapi kalau harus pilih salah satu aku pilih takdir 7, membuatku kembali berpilir sebagai orang tua bagaimana aku memperlakukan anakku. Dan takdir terakhir membuat banyak merenung tentang semua perjalanan kehidupanku.
Walaupun termasuk tipis buku ini sesuai ekspetaksi awal akan membuatku termotivasi dalam hidup dan mengalami banyak perenungan.



Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...