25 Mei 2019

Aplikasi Andalan Saat Ramadhan



Ramadhan sudah berjalan 2/3 bagian, tinggal 1/3 bagian terakhir nggak terasa ya? Banyak hal yang terjadi selama 20 hari puasa dan aku sudah bolong berapa yak kira-kira? 
Dan selama bulan Ramadhan ini aku punya aplikasi andalan yang kupakai.

1. Instagram

Aplikasi media sosial yang selalu kubuka entah berapa kali dalam sehari. Di bulan puasa ini ada tantangan menulis harian alias one day one post yang harus di posting di IG dari komunitas OWOB (one week one book ) regional Jatim, membuatku harus membuka aplikasi medsos ini minimal 2 kali sehari. Selain untuk posting tulisan, aku juga ada tantangan review buku yang harus posting di IG. Dari semua media sosial aku paling suka dengan aplikasi ini selain karena memang ada tantangan menulis dan review buku, ada info buku terbaru dari para bookstagram dan juga ada quote-quote kehidupan atau islami dengan ilustrasinya.

2. Muslim Pro

Aplikasi ini sudah cukup lengkap menurutku, meskipun aku pakai yang nggak berbayar alias gratisan. Ada Qur'an plus terjemahannya, waktu sholat, do'a harian bahkan ada jurnal puasa dan sholat kita. Kita juga bisa dengerin murrotal disini, aku pakai saat susah tidur biasanya. Oh ya juga ada ayat harian yang bisa kita baca dengan terjemahannya. Sebenarnya kalau boleh aku bilang ada beberapa fitur yang belum aku pakai juga sih. Ada asmaul husna, kartu ucapan muslim, animasi kompas kiblat, kalender Hijriyah, tasbih digital juga ada, yang pasti suara Adzan sesuai dengan lokasi kita.

3. Whatsapp

Ini aplikasi chating yang paling populer saat ini, siapapun pasti pakai kalau punya android. Aku pakai ini untu berkomunikasi dengan orang tua, saudara dan teman. Aku pakai untuk berkomunitas dan juga belajar disini, karena aku ikut beberapa kelas online dengan sistem wa grup. 

4. Zoom

Aplikasi meeting dan messaging secara grup. Aku pakai ini untuk ikut kelas online juga tapi lebih kayak streaming gitu jadi interaktif antara pemateri dan audiennya. Selama bulan puasa ini aku mengikuti kelas Membaca Itu Nikmat , aku ingin belajar membaca yang asyik dan bagaimana menjaga konsistensinya.

Nah itu 4 aplikasi yang aku pakai selama bulan puasa paling intens. Selain 4 aplikasi itu masih ada beberapa lagi seperti : Pinterest untuk cari inspirasi, Goodreads untuk cari referensi bacaan, twitter, FB, Webtoon aplikasi bacaan komikku, dan canva.


Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...