24 Mei 2019

Ibadah Khusus Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim. Saat bulan Ramadhan adalah waktunya memperbaiki kualitas diri, memperbaiki ibadah kita, memperbanyak pahala. Kenapa kita bisa memperbanyak amalan berpahala di bulan Ramadhan? Karena di bulan ini banyak ibadah yang dilipat gandakan pahalanya dan ada juga ibadah khusus hanya di bulan ini.

1. Puasa
Ini adalah amalan utama, wajib yang dilaksanakan di bulan Ramadhan. Puasa bulan Ramadhan merupakan pelaksanaan rukun Islam keempat dalam ajaran Islam. Puasa Ramadhan dilaksanakan mulai fajar hingga terbenamnya matahari. 

2. Sholat Tarawih
Yaitu sholat sunnah yang khusus dilaksanakan saat bulan Ramadhan. Waktu pelaksaan sholat ini adalah setelah sholat isya dan biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid atau musholla. Untuk jumlah rakaat shalat ini ada yang melaksanakan 8 rakaat kemudian disambung shalat witir 3 rakaat, adapula yang melaksanakan 20 rakaat disambung witir 3 rakaat. Soal jumlah ini kita bisa melakukan yang mana saja, tergantung pilihan masing-masing. Kalau diriku pribadi sih laksanain keduanya. Saat aku di kampung karena musholla terdekat memakai 20 rakaat aku ikutin, tapi kalau lagi di rumah sih lebih senang yang 8 rakaat. 

3. Tadarus Al Qur'an
Biasanya di bulan Ramadhan musholla dan masjid akan dilaksanakan pembacaan Al Qur'an secara bersamaan, satu membaca yang lain akan menyimak, mereka akan membaca secara bergiliran. Tapi berdasarkan istilah sebenarnya ini lebih pada ke Tilawah, kalau Tadarus terdapat kajian tentang isi Al Qur'an yang telah dibaca. Selain tilawah dan tadarus ada juga tahsin yaitu belajar membaca. Apapun yang dilakukan di bulan Ramadhan untuk memuliakan Al Qur'an sangat dianjurkan.

4. Shodaqoh
Kegiatan ini tidak harus dilakukan di bulan Ramadhan, bisa dilakukan tiap hari. Tapi di bulan Ramadhan pahala yang diberikan dilipat gandakan, sehingga umat muslim banyak yang melakukan lebih dari biasanya juga. Banyak jalan untuk melakukannya, yang paling gampang adalah memberikan makanan berbuka bagi yang berpuasa. Banyak kegiatan yang dilakukan para muslim untuk bagi takjil gratis di jalan-jalan, bahkan ada yang mengadakan pembagian sahur di jalanan juga.

5. I'tikaf
Yaitu berdiam diri di dalam masjid untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah atas segala perbuatannya. Biasanya banyak dilakukan umat muslim saat 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

6. Menyambut (memburu) Lailatul Qadar
Malam lailatul qadar adalah malam turunnya Al Qur'an ke bumi, biasa disebut malam seribu bulan. Malam dimana Allah memberikan ampunan atas segala dosa-dosanya yang lalu. Siapapun tidak ada yang tahu pasti kapan malam lailatul qadar ini, nabi hanya memberikan petunjuk pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan pada tanggal yang ganjil. 

Sebenarnya masih banyak amalan atau ibadah yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan. Bagiku ke 6 ibadah itu adalah yang paling utama dan hanya terjadi di bulan Ramdhan kecuali shodaqoh bisa dilakukan kapan saja.

Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...