27 Mei 2019

Buka Puasa Bersama Keluarga


Momen ramadhan dan idul fitri adalah momen kumpul dengan keluarga dan teman. Biasanya selalu ada acara bukber bareng teman, komunitas ataupun keluarga. Aku sudah membahas nih positif dan negatifnya bukber di postingan awal ramadhan. 
Buka puasa bersama yang kunantikan adalah bareng keluargaku, dengan kakak-kakakku baik dari suami maupun aku sendiri. 

Berhubung aku sekarang tinggal di Surabaya jadi lebih dekat dengan keluarga dari pak suami. Untuk acara makan-makan biasanya kita lakuin berapa bulan sekali, khusus puasa kita juga ngadain nih buka puasa bersama. 

Untuk keluarga Surabaya acara buka puasa bersama biasa kita adaain di rumah inti, yang kebetulan sekarang aku tempati. Untuk konsumsi biasanya kita bagi sama rata, jadi nggak hanya tuan rumah yang menyediakan. Tuan rumah alias daku pasti kebagian bikin minum andalan yaitu es cao dan nasi putih, untuk lauk dan takjil dibagi rata. Ada yang bawa lauknya, sayur, gorengan dan buah. Senengnya kalau kita buka puasa bersama di rumah itu bisa sholat berjamaah, baik sholat Maghrib maupun Taraweh. Karena kadang kalau buka puasa bersama diluar itu ketinggalan taraweh jamaah di masjid. Acara ini biasa kita lakuin di pertengahan Ramadhan, karena daku kalau akhir Ramadhan pasti mudik ke kampung halaman.

Untuk keluargaku sendiri punya acara buka puasa bersama sendiri saat semua anggota keluarga sudah kumpul. Aku yang tinggal di Surabaya dan kakakku yang tinggal di Denpasar yang berkumpul minimal setahun sekali terutama saat akhir Ramadhan sampai idul fitri. Biasanya kita akan kumpul 4-5 hari sebelum lebaran kadang pernah cuman 3 hari sebelumnya. Momen kersamaan ini kita manfaatin dengan makan bareng diluar. Kita lebih suka milih di hari terakhir puasa, karena kita nggak akan mikir waktu untuk sholat taraweh. 

Sebenarnya momen Ramadhan dan Idul fitri adalah momen kebersamaan apapun bentuknya. Saatnya mempererat tali silaturahmi antar keluarga dan teman. Memanfaatkan tradisinya seperti buka puasa bersama, atau silaturahmi saat lebaran tapi jangan sampai melupakan ibadah ya....


2 komentar:

Niklosebelas mengatakan...

Senangnya bisa bukber sama keluarga dengan formasi komplit ya mbak ^^

Siwilih Nurdayati mengatakan...

Momen yg ditunggu saat Ramadhan dan Idul Fitri kumpul dengan keluarga besar

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...