1 Jun 2019

Jajanan Andalan Lebaran Narafid


Ngomongin soal lebaran pasti nggak jauh dari baju baru, THR dan jajanan khas. Posting sebelumnya kita udah bahas nih soal THR bagaimana menyikapinya. Postingan lainnya soal baju baru, apa alasan dibalik tradisi belanja baju baru di hari lebaran. Nah sekarang bagaimana tentang jajanan khas lebaran, apa yang ada dibaliknya dan jajanan apa yang jadi andalan keluarga narafid?

Salah satu tradisi saat lebaran di Indonesia adalah anjangsana atau silaturahmi dari rumah ke rumah. Baik dengan sesama tetangga maupun dengan sanak saudara. Untuk menghormati para tamu yang hadir tuan rumah akan menyediakan berbagai jajanan di atas meja tamu. 

Yang banyak tersedia di meja tamu para tuan rumah adalah aneka kue kering. Banyak nama atau jenis kue kering khas lebaran yang banyak ditemui, ada semprit, kastangel, putri salju, kue kacang dan nastar. Kue-kue kering yang akan muncul hanya di saat lebaran dan pasti akan membuat kangen.
Selain kue nastar, kastengel, semprit yang sering muncul adalah pastel kering. 

Untuk keluarga kami sebenarnya nggak ada jajanan andalan sih buat lebaran. Lebaran kami banyak habiskan di kampung halaman jadi jarang menyajikan jajanan di meja tamu. Kalau di kampung halaman jajanan andalan yang selalu ada di meja makan adalah kripik kentang yang tinggal goreng aja, dan kue kalengan. Kami sudah jarang bikin jajanan sendiri lagi, karena waktu dan jarak yang ada. Untuk kami Uti biasanya bikinin kita tape ketan putih yang hanya dikonsumsi pribadi aja. Yang kita tnggu lagi tuh kalau anjangsana ke kampung halaman Uti adalah tahu goreng, karena keluarga uti adalah para pengusaha tahu.

Mungkin kami bukan termasuk keluarga yang banyak punya jajanan khas atau andalan. Tapi bagiku lebaran adalah saatnya kumpul dengan keluarga terutama kakakku yang tinggal di Denpasar. Apapun jajanan yang tersedia semua kita syukuri  karena bisa berkumpul bareng.


Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...